arnews.id
arnews.id Media Online

Bulog Siapkan Bansos Beras Untuk 22 Juta Keluarga

63

arnews – Perum Bulog akan menyiapkan bantuan sosial (bansos_untuk dibagikan kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Manajer Humas dan Kelembagaan Perum Bulog Tomi Wijaya menyebut jumlah KPM ini merupakan tambahan 8 persen dari jumlah sebelumnya, yakni 21,4 KPM.

“Keluarga penerima manfaat dari Menko PMK sebesar 21,4 juta KPM. Ini terus dilakukan update Menko PMK, akan bertambah 8 persen jadi totalnua menjadi 22 juta KPM,” kata Tomi Jumat (15/12).

Tomi menyampaikan rencana bantuan pangan beras bakal dilanjutkan hingga Maret 2024. Ia menybut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memepertimbangkan agar bansos beras ini dilanjutkan sampai Juni 2024.

“Insya Allah kalau APBN cukup akan terealisasi sampai enam bulan ke depan,” katanya.

Saat ini, Bulog memastikan bahwa jumlah stok cadangan berad pemerintah (CBP) yang dikuasai, aykni 1,4 juta ton, aman untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Pemerintah melalui Bulog sudah menggelontorkan beras operasi pasar dan stabilitas pasokan dan harga pangan (SPHP) di seluruh Indonesia dengan jumlah total per kemarin (14/12) sebanyak 1,1 juta ton dan kegiatan ini juga terus berlanjut digelontorkan sampai harga stabil,” jelas Tomi.

Bansos beras sendiri merupakan program penyaluran bantuan dari pemerintah melalui CBP. Jadi, setiap KPM akan menerima beras sebanyak 10 kilogram setiap bulanya.

Tambahan jumlah penerima basis beras ini juga telah diungkapkan oleh Jokowi. Pengkinian data ini, kata Jokowi menyesuaikan kondisi terkini di lapangan sehingga keluarga yang berhak menerima bantuan ini secara merata.

Leave A Reply

Your email address will not be published.