arnews.id
arnews.id Media Online

Asian Games 2023 Hangzhou Resmi Ditutup

109

arnews – Asian Games 2023 di Hangzhu, China, resmi ditutup dalam upacara di Stadion Hangzhou Olympic Sport Center, Minggu (8/10).

Kontingen Indonesia dilaporkan mengirim 50 orang terdiri dai tim Chef de Mission (CdM), oficialm dan perwakilan atlet.

Dalam rilis NOC, Tim Merah Putih dipimpin langsung CdM Basuki Hadimuljo dalam upacara penutupan tersebut.

Wakil CdM Jadi Rajagukguk dan dua deputi, Jovinus Carlous Legawa serta Thomas Setiabudi Aden ikut dalam rombongan itu.

Sementara, dalam closing ceremony Asian Games 2023 ini, giliran karateka Ahamad Zigi Zaresta Yuda beraksi sebagai pembawa bendera.

“Saya merasa sangat bangga banget bisa dipercaya menjadi Falag Beares di closing ceremony. Ini merupakan kesempatan yang luar biasa buat saya dan saya merasa sangat bersyukur dan tentunya senang banget,” kata Zigi Zaresta.

Zigi Zaresta merupakan peraih medali perunggu Asian Games 2018, lalu medali perunggu di Islamic Solidarity Games 2021. Peraih medali emas SEA Games 2019, 2021, 2023, dan meraih medali perak Kejuaraan Asia 2017,2019, 2021, serta 2022.

Dalam penutupan Asian Games kali ini, kontingen Indonesia tidak sebanyak pembukaan lantaran sejumlah atlet dan ofisial lebih dulu kembali ke Tanah Air.

Penutupan Asian Games 2023 tetap berlangsung meriah, tidak kalah dengan pembukaan pada 23 September lalu. Closing ceremony kali ini tetap mengusung tema ramah lingkungan, tanpa kembang api sesungguhnya dan dengan mengedepankan kemajuan Teknologi lewat permainan digital.

Tari-tarian budaya China tetap disuguhkan pada upacara tersebut. Tidak lupa kehadiran mascot Asian Games 2023 Lianlian, Chenchen, dan Congcong yang tidak berhenti menyapa pengunjung di Stadion Hangzhou.

Upacara penutupan Asian Games 2023 pun ditandai dengan penyerahan bendera Asian Games kepada Penyelenggara edisi berikutnya di Aichi-Nagoya, Jepang 2026 mendatang.

Di luar stadion, Petugas keamanan memberlakukan penjagaan dengan ketat. Dikutip dari CNNIndonesia.com penutupan jalan dan blockade dilakukan sejal Minggu (8/10) siang di kawasan satu kilometer sekitar stadion.

Tanpa penadang bulu petugas keamanan pantang membuka pagar pembatas untuk siapapun, khususnya sejak pukul 16.00 waktu China. Sejumlah jalan-jalan protocol di radius satu kilometer pun di tutup, sehingga mobil-mobil pun terpaksa memutar.

Selain menutup jalan, petugas keamanan juga menutup halte bus dan stasiun subway yang berada di sekitar stadion.

Leave A Reply

Your email address will not be published.