arnews.id
arnews.id Media Online

Arab Saudi Tangkap Warga yang Bantu Jurnalis Israel Menyusup ke Mekkah

539

arnews – Arab Saudi berhasil menangkap seorang warga negara mereka yang diduga meloloskan jurnalis asal Israel untuk bisa masuk ke Mekkah. Diketahui Warga non-Muslim sebenarnya tidak diizinkan untuk masuk ke kota itu.

Seorang juru bicara kepolisian Saudi mengatakan kepada Badan Pers Saudi (SPA) bahwa mereka telah menahan seorang warga karena dituduh “mengantar dan memfasilitasi seorang jurnalis [non-Muslim] masuk.”

SPA tidak mengungkapkan nama jurnalis itu, tapi menyatakan bahwa ia adalah warga Amerika Serikat. Tamari memang dilaporkan memegang dua kewarganegaraan yaitu Israel dn AS.

Dilansir AFP, SPA juga menyatakan kasus ini sudah dibawa ke kejaksaan agung agar bisa segera ditindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku.

Laporan ini terungkap setealh seorang jurnalis  dari media Israel bernama gil Tamari, viral di dunia maya karena berhasil masuk ke kota Mekkah.

Video perjalanan Tamari diunggah di Twitter media Israel, Channel 13, pada Senin (18/7). Unggahan ini lantas menuai kritik dari netizen Saudi.

Setelah mendapat banyak kritik, Tamari dan Cahnnel 13 mengungkapkan permintaan maaf.

Kota Mekkah sendiri merupakan wilayah suci dari umat Muslim yang dilarang dikunjungi oleh orang non-Muslim.

Insiden ini menjadi perhatian di tengah isu pendekatan kembali Israel dan Saudi. Kedua negara itu diisukan sedang dalam proses normalisasi hubungan melalui Kesepakatan Abraham yang digagas AS.

Leave A Reply

Your email address will not be published.