arnews.id
arnews.id Media Online

7 Bandara Tertua di Dunia, Ada Satu di Asia Tenggara

40

arnews – Bandara adalah salah satu fasilitas penting dalam dunia penerbangan. Tanpa bandara, kita tidak bisa melakukan perjalanan udara ke berbagai tempat di dunia.

Namun, tahukah kami bahwa ada beberpa bandara di dunia yang sudah berusia lebih dari 100 tahun? Dikutip dari Simple Flying, bandara-bandara ini bahkan masih terus beroperasi hingga saat ini.

Karena usianya tidak mudah, bandara-bandara ini memiliki sejarah yang panjang. Bahkan, tak sedikit dari bandara-bandara tertua di dunia ini yang menjadi saksi sejarah.

Berikut daftar 7 bandara tertua di dunia:

  1. Collge Park Airport, Amerika Serikat

Bandara ini adalah bandara tertua di dunia yang masih beroperasi. Bandara ini dibuka pada tahun 1909 dan menjadi tempat pelatihan penerbangan oleh Wright Brothers,yang dikenal sebagai pelopor penerbangan bermesin pertama di dunia.

Saat in, bandara ini masih digunakan sebagai pintu masuk untuk penerbangan swasta dan memiliki museum yang menampilkan pesawat-pesawat bersejarah.

  • Shoreham Airport, Inggris

Bandara ini dibuka pada tahun 1910 sebagai tempat penerbangan sipil di Inggris. Sebelumnya juga pernah digunakan sebagai pangkalan udara militer selama Perang Dunia Pertama dan Kedua.

Saat ini, bandara Shoreham masih berfungsi untuk pesawat pribadi dan pelatihan penerbangan, yang sekarang lebih dikenal  dengan, Bandara Kota Brighton.

  • Hamburg Airport, Jerman

Bandara ini dibuka pada tahu 1911 sebagai pangkalan untuk kapal udara Zepplin. Bandara ini sempat hancur selama Perang Dunia, namun kembali dibuka pada tahun 1919 sebagai area pementasan selama Berlin Airlift.

Sampai saat ini, hamburg Airport menjadi bandara internasional yang cukup penting meskipun volume penumpangnya telah diambil oleh bandara Frankurt, Munich, Dusseldorf, dan Tegel.

  • Amsterdam Schiphol, Belanda

Bandara Amsterdam Schipol adalah bandara tertua di Belanda, dibuka pada tahun 1916 sebagai pangkalan militer. Kemudian berkembang menjadi bandara sipil pada tahun 1920.

Kini bandara ini menjadi salah satu bandara tersibuk ketiga belas di dunia dalam hal jumlah penumpang dan merupakan yang tertinggi dalam daftar ini.

  • Rome Ciampo Airport, Italia

Bandara ini dibuka pada tahun 1916 menjadi bandara tertua di Italia dari bandara ini, penerbangan Italia Umberto Nobile berangkat ke Kutub Utara dengan ppesawat Norge pada tahun 1926. Bandara ini juga menjadi tempat pesawat pertama yang melintasi lapisan es dari Eropa ke Amerika.

  • Don Mueang Airport, Thailand.

Bandara ini dibuka pada tahun 1914 dan menjadi tempat untuk pesawat pertama Angkatan Udara Thailand. Bandara ini merupakan bandara kedua yang dibuka di Thailand (bandara pertama adalah S Pathum, yang sekarang menjadi pacuan kuda).

Bandara Don Mueang menjadi bandara utama untuk Bangkok (dikenal sebagai Bandara Internasional Bangkok) hingga bandara Suvambhurni, yang baru diibuka pada tahun 1924. Don Mueang ditutup secara resmi pada tahun 2006. Don Mueang ditutup secara resmi pada September 2006, namun segera dibuka kembali ppada bulan Maret 2007 setelah banyak maskapai penerbangan memprotes biaya yang lebih tinggi di Suvarnabhumi.

  • Bucharest Aurel Vlaicu Airport, Romania

Bandara ini didirikan pada tahun 1912 ketika sekolah penerbangan dibuka di sana. Bandara ini dinamai untuk menghormati Aurel Vlaicu, seorang perintis penerbangan Romania yang membuat pesawat bertenaga pertama di negara tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.