arnews.id
arnews.id Media Online

400 Pejabat AS Kirim Surat Protes Ke Biden Buntut Dukung Israel

38

arnews – Sekitar 400 pejabat politik dan anggota staf yang mewakili 40 lembaga pemerintah Amerika Serikat mengirim surat protes ke Presiden Joe Biden yang mendukung Israel menyerang Gaza, Palestina, pada selasa (14/11).

Dikutip dari The New York Times, surat tersebut berisi seruan kepada Biden untuk segera mengupayakan gencatan senjata di Jalur Gaza dan mendorong Israel mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke wilayah tersebut.

Surat tersebut adalah yag terbaru dari beberapa surat protes dari para pejabat di seluruh pemerintahan Biden, termasuk tifa memo internal kepada Menteri Luar negeri Antony J. Blinken yang ditandatangani oleh puluhan pegawai Departemen Luar Negeri serta surat terbuka yang ditandatangani oleh lebih dari 1.000 pegawai Badan AS untuk Pembangunan Internasional (USAID).

Meskipun pemerintah Biden baru-baru ini mulai menyuarakan keprihatinan atas tingginya jumlah warga sipil Palestina yang terbunuh dan mendesak Israel untuk menahan diri, kritik yang menucul tersebut nampaknya tidak menenangkan banyak orang di pemerintahan AS.

Surat tersebut, yang Salinan ya ditinjau oleh The New York Times, Dimulai dengan mengecam serangan Hamas pada 7 Oktober. Kemudian mendesak untuk menghentikan pertumpahan darah yang disebabkan oleh kampanya militer balasan di Gaza.

Sejauh ini AS tercatat telah mengirim bantuan tambahan Rp219 triliun ke Israel, jumlah ini disamping Rp62,8 triliun bantuan tahunan yang diberikan Washington kepada Tel Aviv.

Leave A Reply

Your email address will not be published.