arnews.id
arnews.id Media Online

30 Hektare Gunung Lawu Terbakar

104

arnews – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan 30 hektare lahan dan hutan di Gunung Lawu, terbakar sejak pekan lalu. Petugas hingga kini masih berusaha memadamkan api.

“Seluas 30 hektare lahan terbakar di Hutan dan Lahan (Gunung Lawu) di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Kamis (28/9) pukul 12.15 WIB,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/10).

Beradasarkan pusat laporan dari Pusat Pengendalian dan operasi (Pusdalops) BNPB, wilayah yang terdampak mencangkup Kecamatan Jogorogo, Desa Giri Mulyo. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa dari peristiwa ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, Prila Yuda Putra, mengatakan titik api kebakaran meluas.

“Kali ini titik api muncul di Resort pemangkuan Hutan manyul dan Campur Rejo, Kecamatan Jogorogo, Kawasan Gunung Gede area Gunung Lawu sisi utara Ngawi,” katanya.

Personel gabungan hingga terus berusaha memadamkan api. Mereka terdiri dari BPBD Provinsi Jawa Timur, Agen Bencana Ngawi, BPBD Kabupaten Ngawi, BPBD Kabupaten Magetan, TNI, Polri, Polhut, BKSDA Kabupaten Ngawi, Perhutani KPH Ngawi, relawan dan masyarakat.

Namun, pemadaman terhambat lantaran kondisi medan yang curam dan angin kencang.

Imbas kebakaran yang meluas, Bupati Kabupaten Ngawi mentapkan Status Tanggap Darurat kejadian bencana karhutla di Gunung Lawu selama 14 hari, terhitung sejak 30 September 2023 hingga 13 Oktober 2023.

Leave A Reply

Your email address will not be published.