arnews.id
arnews.id Media Online

2 Kepala Negara Tak Hadir KTT ASEAN Labuan Bajo

221

arnews – Kepala dua negara anggota dipastikan tak menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo pada 10-11 Mei.

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Usman Kansong, mengatakan kedua kepala negara yang tak hadir itu dari Thailand dan Myanmar.

“Yang absen PM Thailand karena tanggal 14 Mei pemilu di Thailand. PM diwakili Wakil PM,” kata Usman dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (9/5).

“Pemimpin politik Myanmar tidak diundang. [Kepala negara anggota ASEAN] yang lain hadir,” tambah Usman.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, juga mengonfirmasi PM Thailand Prayut Chan-o-cha tak menghadiri KTT ASEAN ke-42.

“Perdana Menteri Thailand menyatakan tidak dapat hadir mengingat pemilu di Thailand akan dilakukan pada 14 Mei,” kata Retno pekan lalu.

Retno mengatakan pertemuan puncak blok Asia Tenggara ini bakal dihadiri delapan kepala ASEAN, sekretaris Jendral ASEAN, dan PM Timor Leste, Taur Matan Ruak.

Semantara itu, Myanmar absen dalam KTTI ini seduai kesepakatan bersama.

“Sesuai keputusan para leaders (Kepala Negara), Myanmar tidak diundang pada level politik,” ucap Retno.

ASEAN memang tidak lagi mengundang Myanmar dalam sederet pertemuan selama sekitar setahun belakangan karena pemimpin negara itu tak kunjung menerapkan lima poin consensus untuk menghentikan konflik yang terus memanas.

Tahun ini, Indonesia ingin membumi kerja sama konkret ASEAn di bidang kesehatan, energi, stabilitas politik, hingga soal perdagangan manusia.

“Ini penting untuk kita bumikan Sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi rakyat ASEAN dan untuk mendukung Asia Tenggara sebagai epicentrum of growth,” kata Retno.

Leave A Reply

Your email address will not be published.