arnews.id
arnews.id Media Online

Warga Ukraina Ikut Referendum Ditodong Senjata

245

arnews – Rusia bersiap mendeklarasikan empat wilayah Ukraina yang akan menyerahkan diri ke Rusia hari ini, Jumat (30/9). Peresmian ini dilakukan Rusia usai referendum yang mengklaim Lebih dari 90 persen penduduk di empat wilayah itu setuju bergabung dengan Rusia.

Empat wilayaj yang ingin direbut yakni Donestsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia. Dan beberapa daerah di sekitarnya.

Nmaun, banyak warga Ukraina di daerah-daerah tersebut mengaku dipaksa untuk ikut referendum dan memberikan suara dukungan terhadap penggabungan dengan Rusia. Sebagian dari mereka bahkan mengaku memberikan suara dukungan di bawah todongan senjata saat mengisi surat suara.

“Bagaimana mereka bisa mengatakan pengambilan suara berlangsung sukarela jika mereka dating dengan membawa senjata?” kata seorang warga di salah satu desa di Kherson, Natalia (bukan nama aslli) dikutip dari CNN.

Natalia juga bercerita penduduk desa menyambut delegasi dua tantara dan tiga perempuan yang membawa kotak suara. Natalia bertanya kepada para tantara alasan mereka berada disana, para tantara kemudian menjawab tugas mereka melindungi tiga perempuan tersebut.

Sementara itu, gubernur Zaporizhzhia Oleksandr Starukh, menuturkan sekitar tiga perempat populasi di sana telah melarikan diri karena perang.. pada Kamis (29/9), Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui kemerdekaan Zaporizhzhia dan Kherson decara sepihak.

“Tidak sulit untuk mengerti tanda apa yang terasa oleh masyarakat di bawah moncong senjata otomatis,” tulis Starukh dalam Telegram dikutip The New York Times.

Leave A Reply

Your email address will not be published.