arnews.id
arnews.id Media Online

TTG Bisa Ciptakan Kota Modern

266

Cilegon, arnews –   Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang tengah dilombakan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon pada Senin (6/3) dinilai dapat menciptakan Kota Cilegon jadi Kota Modern dan adaptif terhadap teknologi.  Atas dasar itu, Pemkot Cilegon akan memberikan dukungan maksimal terhadap kegiatan inovasi TTG, termasuk perlombaan TTG yang digelar di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bapedalitbang) Kota Cilegon.   

“Perlombaan inovasi TTG yang diikuti oleh pelajar, mahasiswa dan masyarakat ini dapat menjadikan Kota Cilegon kedepan menjadi kota yang modern dan adaptif terhadap teknologi. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Cilegon sangat mendukung adanya perlombaan ini,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat membuka kegiatan Lomba Inovasi TTG dan Posyantek Berprestasi Tingkat Kota Cilegon Tahun 2023 di Aula Bapedalitbang Kota Cilegon, Senin (6/3). 

Menurut Helldy, inovasi teknologi yang berkembang melalui anak bangsa harus terus dipacu dan dikembangkan dengan sebaik mungkin. “Banyak sekali inovasi baru yang tidak terpikirkan, salah satunya setrika yang dikhususkan untuk tunanetra. Ini sangat luar biasa. Oleh karenanya, kita harus terus pacu dan dukung inovasi yang dikembangkan oleh para peserta ini,” tuturnya.

Dalam hal ini, Helldy berharap, masyarakat dapat berlomba – lomba dalam menciptakan inovasi baru. “Inovasi – inovasi yang sudah diciptakan ini harus terus di kembangkan. Jangan sampai hanya saat ada perlombaan saja. Pemerintah akan terus men-support atas inovasi yang diciptakan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Bappedalitbang Kota Cilegon Wilastri Rahayu menjelaskan, Kota Cilegon telah berhasil meraih Indeks Inovasi Daerah sebagai Kota yang inovatif pada 2022. “Alhamdulillah tahun lalu (2022-red) Kota Cilegon telah berhasil meraih kota yang inovatif dalam ajang Indeks Inovasi Daerah. Tahun ini (2023-red) kami ingin agar Kota Cilegon dapat kembali meraih penghargaan menjadi Kota yang lebih Inovatif,” jelasnya.

Diterangkan Wilastri, pada 2023 terdapat 11 kelurahan yang ikut serta dalam ajang perlombaan TTG dan Posyantek. “Kami harap tahun depan (2024-red) semua kelurahan dapat ikut berpartisipasi,” terangnya.

Diketahui, Lomba Inovasi TTG Kota Cilegon 2023 ini diikuti 27 peserta untuk kategori TTG dan 11 peserta kategori Posyantek. Rangkaian perlombaan akan berlangsung selama 3 hari mulai dari 6 hingga 8 Maret 2023. (Sy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.