arnews.id
arnews.id Media Online

Taklukan Turkmenistan, Indonesia lolos Piala Asia U-23

104

arnews – Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat setelah Indonesia berhasik mengalahkan Turkmenistan 2-0 pada pertandingan terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9).

Di awal babak pertama atau tepatnya pada detik ke-40 bek Timnas U-23 Elkan Baggot melakukan kesalahan passing di lini belakang yang mengarah ke pemain depan Turkmenistan Priyev Ruslan. Untungnya temabakan Ruslan masih dapat ditangkap kiper Indonesia Ernando Ari.

Pada menit ke-10 Timnas Indonesia U-23 sebenarnya mampu membobol gawang Turkmenistan lewat sontekan Hokky Caraka usai meneruskan umpan Pratama Arhan dari sisi kiri. Namun gol tersebut dianulir wasit Kim Dae Yong dari Korea Selatan karena Arhan lebih dulu dianggap terjebak offside. Padahal dari tayangan ulang terlihat arhan dalam posisi onside.

Di menit ke-23 lemparan ke dalam Arhan juga mampu menciptakan peluang untuk Indonesia. Lemparan Arhan ke jantung pertahanan Turkmenistan dapat disundul Elkan Baggot. Sundulan Baggot kemudian dapat diteruskan tembakan voli Rafael Struick, namun sepakannya dapat diblok kiper Turkmenistan.

Pada di menit ke-39 akhirnya Indonesia mampu memecah kebuntuan lewat gol Ivar Jenner lewat tembakan keras dari luar kotak penalti usai meneruskan umpan Arkhan Fikri.

Bola tembakan Jenner sempat membentur kepala pemain belakang Turkmenistan Oraz Orazov Sehingga berubah arah yang membuat kiper lawan mati langkah dan bola masuk ke gawang. Gol dari Ivar Jenner bertahan hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, Indonesia tampil lebih kuat dalam penguasaan bola. Pada menit ke-54 timnas Indonesia U-23 mampu mengancam gawang Turkmenistan lewat sundulan Rio Fahmi yang membentur mistar usai meneruskan umpan tendangan bebas Ivar Jenner.

Indonesia baru bisa menambah keunggulan pada perpanjangan waktu babak kedua melalui sundulan Pratama Arhan, usai mampu memanfaatkan  umpan Muhammad Rayhan Hennan.

Hingga pertandingan usai tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Indonesia menang 2-0 atas Turkmenistan.

Kemenangan ini membuat Indonesia finis di posisi puncak klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Indonesia juga sekaligus lolos ke putasan final Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar April tahun depan dengan status sebagai juara Grup K.

Leave A Reply

Your email address will not be published.