arnews.id
arnews.id Media Online

Suhu Di Madinah 40 Derajat Saat Musim Haji 2023

268

arnews – Calon jamaah haji diimbau untuk menyiapkan kondisi fisik dan kesehatan, lantaran suhu tinggi di Madinah mencapai 40 derajat Celcius.

Suhu harian di Madinah rata-rata melebihi 40 derajat Celcius di siang hari, dan 26 derajat Celcius pada malam hari. Dilansir dari New Straits Times.

Menurut pakar kesehatan masyarakat, Asraf Qamruddin, cuaca panas dan kering bisa menyebabkan peningkatan suhu tubuh dan dehidrasi.

Untuk itu, calon jemaah haji diminta mewaspadai gejala sengatan panas atau heatstroke seperti kulit kering dan kemarahan, lidah dan bibir kering, pusing, kram otot dan pingsan.

Asraf mengatakan calon jemaah haji lansia terutama di atas usai 60 tahun dengan masalah kesehatan seperti diabetes atau ginjal, berisiko terkena serangan panas atau heatstroke.

“Pastikan selalu menghidrasi diri dengan minum air putih minimal dua liter, menggunakan paying atau losion tabir surya, dan mengenakan pakaian longgar,” katanya.

Pekan ini, 7.510 jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Arab Saudi. Pemerintah Indonesia juga sudah mengimbau jemaah agar menjaga kesehatan, menghadapi suhu panas di Madinah.

Pada 2023, Indonesia awalnya mendapatkan 221.000 kuota jemaah haji. Jumlah itu terdiri atas 203.320 jemaah regular dan 17.680 haji khusus.

Kemudian, pemerintah Arab Saudi mengumumkan Indonesia kembali mendapatkan tambahan kuota sebesar 8 ribu jemaah. Sebanyak 8 ribu kuota tambahan ini terdiri dari 7.360 jemaah haji regular dan 640 jemaah haji khusus.

Leave A Reply

Your email address will not be published.