arnews.id
arnews.id Media Online

STY Di Piala Asia: Naturalisasi Belum Pasti Tim Inti

39

arnews – Shin Tae Yong jadi sosok yang memegang kendali atas rekomendasi pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia. Namun tak lantas pemain-pemain naturalisasi tersebut mendapat jaminan tempat di tim utama Piala Asia.

Sejak program naturaliasi dimulai, PSSI sudah menegaskan bahwa naturalisasai yang dilakukan oleh Timnas Indonesia semua bergantung pada rekomendasi Shin Tae Yong. Sejak itulah sejumlah pemain dinaturalisasi oleh PSSI.

Namun setelah dinaturalisasi oleh Timnas Indonesia, tak lantas pemain-pemain tersebut mendapat kepastian menjadi pemain inti. Hal tersebut bisa terlihat dari perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Sandy Wlash sempat menghangatkan bangku cadangan pada laga awal melawan Irak di partai pertama Piala Asia 2023. Penampilan Sandy Wlash yang kurang meyakinkan di beberapa laga sebelumnya bisa jadi pertimbangan Shin Tae Yong. Sandy Walsh baru bermain di pengujung laga.

Barulah pada laga kedua, Sadny Walsh mendapat kepercayaan turun bermain sebagai pemain inti. Sandy lalu berhasil membayar kepercayaan Shin Tae Yong dengan tampil impresif di laga kedua dan ketiga. Ia bahkan berhasil mencetak satu gol ke gawang Jepang saat Timnas dikalahkan 1-3.

Shayne Pattynama juga masih duduk dibangku cadangan di Piala Asia 2023. Shayne yang sempat meninggalkan pemusatan latihan karean urusan keluarga baru kembali ke tim jelang Piala Asia dimulai.

Hal itu yang bisa jadi dasar Shine Tae Yong menilai Shayne belum siap untuk tampil bersama Timnas Indonesia. Terlebih, Pratama Arhan yang mengisi posisi fullback kiri bisa menjalankan tugas dengan cukup baik. Lemparan kedalam arhan bahkan bisa menjadi Solusi untuk mengancam gawang lawan.

Marc Klok juga mengalami nasib serupa. Klok baru satu kali tampil sebagai pemain pengganti selama 15 menit pada laga lawan Irak. Di dua laga berikutnya, Klok hanya menghangatkan bangku cadangan.

Para pemin naturalisasi tersebut, juga pemain yang selama ini lebih banyak jadi cadangan terbukti harus bisa bekerja keras untuk bisa dipilih Shin Tae Yong. Kesempatan untuk melakukan hal tersebut ada di laga Indonesia vs Australia. Laga Indonesia vs Australia di fase 16 besar Piala Asia 2023 akan berlangsung pada Minggu (28/1).

Leave A Reply

Your email address will not be published.