arnews.id
arnews.id Media Online

Sri Mulyani Tambah Anggaran Kemensos Rp9 T Untuk BLT El Nino

69

arnews – Menteri Keuangan Sri Mulyani menggelontorkan tambahan anggaran Rp9 triliun untuk Kementerisn Sosial (Kemensos) dari APBN 2023.

Penambahan anggaran tersebut tak lepas dari program bantuan sosial (bansos) yang tengah digenjot Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menkeu Sri Mulyani menjelaskan Jokowi memang menambah anggaran pada sejumlah Kementerian, termasuk Kemensos, sebagai respons kondisi ekonomi saat ini.

“Untuk kemensos tamabahn anggaran cukup besar, tahun ini ditambah Rp 9 triliun karena ada paket bantuan El Ninp dalam bentuk BLT, bantuan langsung tunai,” ucap Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTA, Jumat (15/12).

Selain utnkk bansos, tambahan anggaran itu juga akan digunakan untuk program bantuan gagal ginjal akut progresif atipikal pada anak dan program rumah Sejahtera terpadu.

Jokowi baru saja mencairkan BLT El Nino Rp400 ribu. BLT tersebut diberikan guna membantu masyarakat di tengah lonjakan harga pangan.

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan penambahan anggaran terbesar diberikan kepada Kementerian PUPR, yakni Rp46,3 triliun.

Tamabahn dana ini, kata dia, adalah untuk membantu perbaikan jalan rusak di daerah dan penanganan bacana alam.

“Karena PUPR mendapat tambahan penugasa Berdasarkan prioritas yang ditetapkan presiden, seperti penanganan jalan,” katanya.

Pemerintah juga memberikan tambahan anggaran seberas Rp4,1 triliun untuk Kementerian pendidikan, Kebudayaan Ristek dan Teknologi, Anggaran digunakanuntuk pengadaan sarana prasaran perguruan tinggi, pendidikan dan pelatihan vokasi, serta tunjangan profesi guru dan dosen non PNS.

Kemudian pemerintah juga memberikan tambahan anggaran untuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebesar Rp11,6 triliun. Anggaran bakala digunakan utnuk membayar kalim pasien covid-19, percepatan penurunan stunting, dan bantuan iuran pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja.

Kementerian Agama juga mendapat tambahan anggaran sebesar Rp1,7 triliun. Anggaran akan dipakai untuk peningkatan layanan Ibadah Haji 2023.

Pemerintah juga memberikan tamabahan anggaran untuk Badan Pangan Nasipnal sebesar Rp3.9 triliun. Anggaran ini dipakai untuk bantuan beras kepada masyarkat.

Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB) juga mendapat tambahan anggaran sebesar Rp3,6 triliun. Anggaran tersebut dipakai untuk bantuan stimulant rumah akibat bencana gempa cianjur.

Terakhir, pemerintah memberikan tambahan anggaran sebesar Rp1,3 triliun untuk Kementerian ESDM, anggaran itu digunakan untuk program konversi motor listrik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.