arnews.id
arnews.id Media Online

Setelah Ukraina Timur, Rusia Ingin Duduki Ukraina Selatan

46

arnews – Setelah berhasil menduduki wilayah timur Ukraina, Rusia ingin menguasai seluruh wilayah selatan Ukraina.

Komandan Distrik Militer Pusat Rusia, Mayor Jendral Rustam Minnekaev mengungkapkan pada Jumat (22/4), selama ini tujuan utama dari invasi adalah menduduki wilayah timur.

“Sejak awal fase kedua operasi khusus, yang dimulai secara harfiah dua hari lalu, salah satu tugas pasukan Rusia adalah memastikan kendali penuh atas Donbas dan Ukraina Selatan. Ini menyediakan koridor darat ke Crimea.” Kata Minnekaev dalam pertemuan umum tahunan Persatuan perusahaan Industri Pertahanan di Sverdiovsk, dikutip dari kantor berita Rusia, TASS.

Dilansir dari CNN, penyataan Minnekaev itu menandakan pertama kalinya Rusia membeberkan tujuan utama di fase kedua invasi di Ukraina, yakni untuk membangun koridor darat antara wilayah Donbas Ttimur, Ukraina, dengan semenanjung Crimea yang telah dikuasai oleh Rusia dari Ukraina pada 2014.

Minnekaev mengatakan kontrol di wilayah selatan akan memberikan pasukan Rusia lebih memudahkan untuk mengakses Transnistria, sebuah negara bagian di Moldova yang dikuasai separatis pro-Rusia.

Sementara itu, juru bicara kantor Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov, menolak untuk memberikan komentar terkait pernyataan Minnekaev dan merujuk pernyataan it uke Kementrian Pertahanan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.