arnews.id
arnews.id Media Online

Ratusan Pendaki Gunung Rinjani Diminta Turun Karena Tak Punya Tiket

16

arnews – Ratusan pendaki Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang tidak memiliki tiket diminta untuk turun kembali atau tidak melanjutkan pendakian.

“Ada 135 calon pendaki Gunung Rinjani yang tidak memiliki tiket eRInjani tidak bisa melakukam pendkian sejak mulai dibuka awal April 2024,” kata Kepala Balai TNGR Nusa Tenggara Barat, Dedy Asriadi dalam keterangan tertulis, Rabu (17/4).

Dedy mengatakan pada tanggal 12 April 2024 sebanyak 32 pendaki asal Lombok Timur ditemukan tidak memiliki tiket. Kemudian pada tanggal 14 April 2023 dikonfirmasi petugas Pos 2 Sembalun ada calon pendaki sebanyak 148 orang.

“Dari 148 orang hanya 43 orang yang memiliki tiket eRinjani dan sisanya sebanyak 103 otang tidak memiliki tiket eRinjani,” ujarnya.

Menurutnya, petugas yang  berjaga di Pos 2 Sembalun langsung memberikan arahan dan pemahaman kepada calon pendaki bahwa untuk melakukan pendakian di Gunung Rinjani, calon pendaki harus memiliki tiket pendakian yang diperoleh melalui aplikasi eRinjai.

“Petugas RNGR saat itu juga mengimbau calon pendaki yang tika memiliki tiket eRinjani untuk tidak melanjutkan pendakian dan mengarahkan mereka untuk turun keluar dari Kawasann Taman Nasional Gunung Rinjani,” katanya.

Ia berharap para pencinta alam Gunung Rinjani untuk menjadi ppendaki cerdas dengan mengetahui persyaratan apa saja yang harus dilengkapi saat akan melakukan pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani.

“Pasti kita sudah memengang tiket yang sah terdaftar di aplikasi eRinjani,” katanya.

Pihaknya juga berharap para pendaki untuk melakukan check inni dan check out di pintu pendakian agar terdata oleh petugas. Bagi para pendaki yang sudah melakukan proses check out di pintu pendakian, agar memastikan status di akun aplikasi eRinjani terbaca “check otu”.

“Sehingga akun pendaki tidak Under Blacklist,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.