arnews.id
arnews.id Media Online

Putin Izinkan PBB Dan Palang Merah Untuk Evakuasi Warga Mariupol

40

arnews – Persiden Rusia Vladimir Putin, ‘secara prinsip’ menyetujui untuk melibatkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dalam melakukan evakuasi warga di pabrik baja Azovstal, Mariupol.

Setujunya Putin untuk melibatkan PBB dan Palang Merah Internasional dalam evakuasi di Mariupol tidak lepas dari hasil pertemuan degan Sekretaris Jendral PBB, Antonio Guterres.

“Presiden setuju, secara prinsip, akan keterlibatan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Komite Internasional Palang Merah dalam evakuasi warga sipil dari pabrik Avozstal di Mariupol,” kata juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, pada Selasa (26/4).

Dujarric mengatakan , diskusi lebih terkait hal itu akan dibicarkan pihak Kantor Kemanusiaan PBB (OCH) dan Kementerian Pertahanan Rusia.

Pada saat pertemuan dengan Putin, selain membahas Mariupol Guterres juga mengusulkan pembentukan ‘Kelompok Kontak Kemanusiaan’ yang beranggotakan Rusia, Ukraina dan PBB. Kelompok tersebut dibentuk untuk mencari kesempatan membuka koridor kemanusiaan, dengan mengehentikan kekerasan lokal. Setelah bertemu dengan Putin, rencananya Guterres dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, pada Kamis (28/4).

Leave A Reply

Your email address will not be published.