arnews.id
arnews.id Media Online

Puluhan Bus Disiapkan Pemkot Cilegon Untuk Program Mudik Gratis

221

Cilegon, arnews – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon kembali akan menggelar mudik gratis bagi masyarakat pada musim liburan hari Raya Idul Fitri 1444 hijriah. Pada mudik gratis tahun 2023 ini, Pemkot Cilegon akan menyiapkan puluhan unit bus dengan kuota minimal mencapai 1.000 orang.

“Ada 20 bus itu kurang lebih minimal 1.000 orang, kalau 25 berarti bertambah lagi, karena 1 bus diperkirakan 50 orang,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian di Aula Setda Kota Cilegon, Jumat (31/3)

Menurut Helldy, pihaknya akan bekerja sama dengan sejumlah industri di Kota Cilegon. Sementara pendaftaran mudik gratis dibuka pada 11 April dengan jadwal keberangkatan dimulai pada 19 April 2023. “Intinya adalah kami persembahkan kepada seluruh perusahaan yang ada di Kota Cilegon untuk dapat berbagi dengan masyarakat Kota Cilegon,” tuturnya.

Dalam hal ini, Helldy juga menyampaikan bahwa persyaratan yang harus dipenuhi calon pemudik yaitu cukup melampirkan satu fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) berdomisili Kota Cilegon. “Pendaftaran semuanya nanti di Pemda, di radio Mandiri FM. Pendaftaran tadi kita lihat schedulenya tanggal 11-an sudah mulai flyer-nya ke masyarakat Cilegon,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon Joko Purwanto menerangkan, pada program mudik gratis 2023 ini menyediakan tujuan wilayah-wilayah yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sumatera. “Tahun lalu (2022-red) 11 bus dengan 475 orang yang ikut mudik. Tahun kemarin gak ada ke Sumatera,” terangnya.

Diungkapkan Joko, meski Pemerintah Kota Cilegon tidak menyiapkan anggaran, namun pihaknya mengaku optimis program Mudik Tahun 2023 dengan kuota dan bus yang ditargetkan dapat tercapai. “Kita optimis tercapai, kan maksimal 30 bus minimal 20 unit bus. Kita akan segera bersurat kepada pihak-pihak industri, mudah-mudahan ada respon yang baik,” ungkapnya. (Sy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.