arnews.id
arnews.id Media Online

PSSI Percepat KLB Demi Liga Bergulir

126

arnews – Komite Eksekutif (Exco) PSSI memutuskan mempercepat menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan demi Liga cepat bergulir kembali.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan usai menggelar Exco Emergency Meeting yang dihadiri 12 Anggota Exco PSSI,, Jumat (28/10) malam.

“Kami berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan kiranya dalam membantu diputarnya kembali kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang selama ini menjadi napas dan marwah sepak bola di Tanah Air,” kata Iriawan dalam rilis PSSI.

Exco PSSI memutuskan mempercepat Kongres Luar Biasa pemilihan usai memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya yaitu Presis Solo dan Persebaya Surabaya.

Ada dua surat yang dikirim oleh Persis dan Persebaya kepada PSSI. Pertama, kedua tim mendorong diselenggarakannya KLB PSSI demi kebaikan sepak bola Indonesia. Dan kedua adalah mengajukan segera diselenggarakannya RUPS LB PT Liga Indonesia Baru, untuk membahas kepastian liga.

“Exco PSSI memutuskan mempercepat Kongres Luar Biasa pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya [Persis dan Persebaya], dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi [voters] yang mewakili PSSI,” kata Iwan Bule.

Dengan memperhatikan surat dari dua anggota itu, PSSI akhirnya menggelar rapat Exco pada Jumat (28/10) malam.

“Rekan-rekan media yang saya hormati. Pada malam hari ini, Jumat 28 Oktober, dari jam 19.00 sampai 22.45 WIB di kantor PSSI, Jakarta. Komite EKsekutif PSSI melaksanakan Exco Emergency Meeting yang dihadiri oleh 12 Anggota Exco dan memutuskan mempercepat Kongres Biasa pemilihan melalui mekanisme Kongres Luar Biasa, sesuai tahapan aturan organisasi,” kata Ketum PSSI.

Sesuai dengan bunyi Pasal 34 Ayat 2 Statuta PSSI tentang Kongres Luar Biasa, seharusnya sekurang-kurangnya 2/3 dari voters yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

“Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan Kongres Luar Biasa dalam waktu selambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai,”

Tahapa KLB PSSI akan dimulai dengan bersurat kepada FIFA soal usulan Kongres.

“Tahapan Kongres Luar Biasa akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan Kongres. Surat pemberitahuan kepada FIFA tersebut akan kami sebarluaskan kepada rekan-rekan media pada hari Senin 31 Oktober 2022,” kata Iwan Bule.

Leave A Reply

Your email address will not be published.