arnews.id
arnews.id Media Online

Profil Port FC, Klub Baru Asnawi Milik Madam Pang

55

arnews – Klub Thailand, Port FC, resmi menjadi klub baru Asnawi Mangkualam. Berikut profil Port FC yang bermain di Thai League 1.

Port FC resmi mengumumkan perekrutan Asnawi pada Jumat (26/1). Asnawi akan bergabung Port FC mulai paruh kedua Thai League 1 musim 2023/2024.

Port FC merupakan salah satu klub besar di Thailand, namun belum pernah menjadi juara liga. Klub yang dibentuk pada 1967 itu termasuk sebagai salah satu klub tersukses di Negeri Gajah Putih.

Sejauh ini tim berjuluk Port Lions itu sudah mengoleksi tiga gelar FA Cup dan satu League Cup. Selain itu klub berbasis di Bangkok tersebut juga memiliki delapan torfi Kor Royal Cup dan enam Quenn’s Cup.

Namun pada periode 2011 hingga 2015, Port FC sempat memburuk karena bermasalah dengan izin operasional klub. Situasi itu membuat Port FC sempat terdegradasi ke Thai League 2 pada 2013.

Akhirnya pada 2015, Nualphan Lamsam, atau yang dikenal Madam Pang mengambil alih kursi kepemimpinan klub sebagai presiden. Madam Pang membuat klub tersebut kembali ke level di Liga Thailand.

Meski sempat kembali terdegradasi pada musim 2026, Port FC perlahan menjelma jadi klub raksasa di Thailanf. Dalam lima musim terakhir, Port FC finis di peringkat ketiga selama empat kali.

Kepemimpinan Port FC kini dipegang adik Madam Pang, Chalermochoke Lamsam. Penyebabnya adalah karena Madam Pang maju dalam konsestansi pemilihan presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT).

Kini Port FC kembali bersaing di papan atas thai League 1. Mereka menempel ketat Bangkok United dan Buriram United di peringkat pertama dan kedua.

Port FC juga ikut serta pada ajang tertinggi level Asia yakni Liga Champions Asia 2023/2024 meski terhenti di fase gugur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.