arnews.id
arnews.id Media Online

Presiden Kenya Senang Bertemu Jokowi: Kunjungan Sejarah

187

arnews – Presiden Kenya William Ruto mengaku senang menyambut kedatangan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Kenya pada Senin (21/8).

“[Ini] kesempatan bagi saya sendiri bisa menyambut Anda, Yang Mulia [Jokowi] dan delegasi Anda, terutama karena ini kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Kenya,” kata Ruto saat konferensi pers di State House, Nairobi, seperti disiarkan YouTube State House Kenya.

Ia juga berujar,”Kami senang menyambut Anda, karena ini adalah kunjungan bersejarah.”

Selain itu, Ruto mengungkapkan terima kasih atas kunkungan Jokowi dan delegasi ke Kenya.

Dalam konferensi iru, Jokowi menyebut Kenya merupakan sahabat penting bagi Indonesia. Kedua negara, lanjut dia, juga memiliki kedekatan dari sisi sejarah.

“Indonesia dan Kenya mempunyai kedekatan historis sejak Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 dan Gerakan Non Blok pada 1961,” kata Jokowi.

Sebelum menggelar konferensi pers, kedua pemimpin itu menyaksikan penandatanganan sejumlah nota kesepemahaman (Memorandum of Understanding/MoU), salah satunya Preferential Trade Agreement (PTA).

Di Kenya, Jokowi dijadwalkan mengunjungi taman makam pahlawan dan meletakan karangan bung di Jomo Kenyatta Mausoleum.

Jokowi juga akan mengunjungi Degoretti untuk menyerahkan secara simbolis hibah mesin pompa minyak goreng dan lima ribu liter minyak sawit.

Jokowi tiba di Kenya pada Minggu (10/8). Delegasi yang turut mendampingi kunjungan ini di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invastasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Agung, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif.

Kunjungan ke Kenya merupakan serangkaian llawatan Jokowi ke kawasan Afrika. Ia juga akan menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) BRICS di Afrika Selatan, lalu ke Tanzania, dan Mozambik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.