arnews.id
arnews.id Media Online

Presiden Iran Ancam Ada Serangan Lebih Menyakitkan Jika Israel Berani Balas

22

arnews – Presiden Iran Ebrahim Raisi mengancam akan menyerang Israel secara membabi buta jika berani membalas gempuran Teheran pada Sabtu (13/4) lalu.

“Kami dengan tegas menyatakan bahwa tindakan sekecil apapun yang bertentangan dengan kepentingan Iran pasti akan direspons dengan parah, luas, dan menyakitkan,” kata Raisi saat berbincang lewat telepon dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim Bin Hamad Al Thani (15/4).

Raisi menegaskan kembali pernyataanya bahwa serangan Iran pada akhir pekan lalu merupakan pembelaan diri atas serbuan Israel terhadap gedung kedutaan besar Teheran di Damaskus, Suriah, 1 April lalu. Serangan di kedubes menewaskan dua jendral Garda Revolusi Iran.

Iran pun meluncurkan lebih dari 300 proyektil terhadap Israel dari berbagai perbatasan negara proksinya pada Sabtu untuk membalas serangan Israel.

Sebgian besar serangan udara Iran berhasil dicegat Iron Dome milik Israel. Negara Zionis juga mendapat bantuan dari sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Prancis, hingga Yordania.

Raisi mengecam keras negara-negara yang membantu Israel mencegat drone mereka.

Pada Senin (15/4), panglima angkatan bersenjata Israel Letnan Jendral Herzi Halevi bersumpah akan merespons serangan Iran. Ia berkata demikian meski Barat telah mewanti-wanti agar Negeri Zionis tidak bertindak lebih lanjut.

“Peluncuran begitu banyak misil, rudal jelajah, dan pesawat nirawak ke dalam Israel akan mendapatkan tanggapan,” kata Halevi, dikutip dari AFP.

Sejumlah pengamat pun menilai Israel kemungkinan bakal menyerang Iran namuntak secara langsung. Israel bakal melancarkan serangan terhadap situs nuklir Teheran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.