arnews.id
arnews.id Media Online

Polisi Beri Alasan Sita HP Aiman Di Kasus Aparat Tak Netral

31

arnews – Polda Metro Jaya membeberkan alasan penyidik turut menyita HP milik Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Aiman Wicaksono saat diperiksa pada Jumat (26/1) kemarin.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengklaim porses penyitaan oleh pihak penyidik sudah dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada.

“Penyitaan itu tindakan penyidik untuk mengambil alih atau menyimpan di bawah penguasaanya, benda bergerak atau tidak, berwujud atai tidak berwujud,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (29/1).

Ade menegaskan penyitaan tetap bisa dilakukan mesikup status Aiman dalam kasus tersebut masih sebagai saksi. Ia mengatakan HP milik Aiman yang disita itu nantinya juga akan dilapmpirkan sebagai barang bukti ke pengadilan.

“Penyitaan dilakukan untuk kepentingan pembuktian dalam penyidikan, penuntutan dan peradilan,” jelasnya.

Sebelumnya, Aiman Wicaksono mengaku penyidik telah menyita handphone miliknya dalam proses pemeriksaan yang digelar pada Jumat (26/1).

Ia mengaku khawatir kerahasiaan narasumbernya terkait netralitas aparat akan terbongkar. Sebab, seluruh data miliknya tersimpan dalam handphone yang kini disita oleh penyidik.

Polda Metro Jaya telah menerima enam laporan polisi terhadap Aiman buntut pernyataan yang menyinggung ketidaknetralan aparat pada Pemilu 2024. Usai memeriksa terlapor, para saksi, hingga ahli, penyidik lantas melakukan gelar perkara dan menaikan kasus tersebut ke tahap penyidikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.