arnews.id
arnews.id Media Online

Piala Asia: Indonesia vs Vietnam, Skuad Garuda menang tipis 1-0

29

arnews – Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam dalam duel sengit di Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1).

Indonesia unggul 1-0 pada babak pertama melalui sepakan penalti Asnawi Mangkualam pada menit ke-42. Penalti itu terjadi setelah Rafael Struick ditarik Nguyen Thanh Binh dan terjatuh di kotak penalti.

Vietnam langsung memberikan ancaman kepada Indonesia pada awal babak kedua guna mencetak gol balasan. Tendangan kaki kirir Khuat Van Khang yang membentur Sandy Walsh masih bisa ditepis Ernando Ari pada menit ke-48.

Indonesia dalam tekanan Vietnam pada awal babak kedua. Skuad Garuda terus berusaha bangkit untuk terlepas dari tekanan tim lawan.

Khyat Van Khang yang masuk pada awal babak kedua membuat lini belakang Indonesia bekerja keras. Pada menit ke-52 tendangan kaki kiri Van Khang menyamping di sisi kanan gawang Indonesia.

Terus ditekan Vietnam, praktis Indonesia hanya mampu mengandalkan serangan balik. Pelartih Shin Tae Yong mengganti pemain pada menit ke-56, Asnawi ditarik kelaur digantikan Witan Sulaeman. Tidak lama setelah itu pelatih asal Korea Selatan itu mengganti bebrapa pemain, Rafael Struick dan Egy klaur diganti Adam Alis dan Hokky Caraka.

Akan tetapi sesaat kemudian Jordi Amat mengalami cidera dan dinyatakan tidak bisa melanjutkan pertandingan lalu diganti dengan Rizky Ridho.

Indonesia berhasil keluar tekanan pada 10 menit terakhir waktu normal. Skuad Garuda hampir unggul 2-0 pada menit ke-89 seandainya tendangan  voli Marselino tidak melenceng.

Vietnam harus bermain dengan 10 pemain pada tambahan waktu setelah Le Pham Thanh Long dikartu merak karena mendapatkan kartu kuning kedua setelah mengganjal Marselino di dekat kotak penalti Vietnam.

Pada menit terkakhir pertandingan, Vietnam mendapatkan tendangan bebas di area kanan pertahanan Timnas Indonesia. Tendangan bebas yng mengarah langsung ke gawang berhasil diselamatkan dengan gemilang oleh Ernando.

Indonesia akhirnya berhasil mengunci kemenangan setelah wasit meniup peluit panjang setelah Vietnam gagal memanfaatkan tendangan sudut terkahir. Skuad Garuda Menang 1-0 atas Vietnam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.