arnews.id
arnews.id Media Online

Peserta Diklat PLN Belajar Proses Pengolahan Sampah di TPSA Bagendung

190

Cilegon – Hari ini Rabu (16/12), Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung dikunjungi oleh 45 orang peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Perusahaan Listrik Negara (PLN) perwakilan dari seluruh Indonesia.

Kunjungan Kerja Diklat PLN ini bertujuan agar para peserta diklat PLN dapat mempelajari proses pengolahan sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan padat (BBJP) yaitu produk biomassa dari sampah yang digunakan sebagai co-firing pendamping batu bara dalam proses energi listrik dengan harapan agar para peserta Diklat PLN dapat menerapkan teknologi BBJP tersebut dengan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat, seperti Pemerintah Kota Cilegon yang bekerjasama dengan PT. Indonesia Power.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian berharap agar pengolahan sampah di TPSA Bagendung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui aktivitas pemilahan sampah.


Helldy menjelaskan, “Hal ini merupakan wujud nyata Pemkot Cilegon dalam menanggulangi persoalan sampah di Kota Cilegon yang selama ini hanya dibuang begitu saja di TPSA Bagendung, kini diolah menjadi produk yang sangat bermanfaat baik untuk menunjang program pemerintah pusat berupa Energy Baru Terbarukan (EBT) sehingga energi listrik tidak lagi bergantung sepenuhnya terhadap penggunaan batu bara, namun lebih jauh ini juga dalam rangka mengeliminir efek Rumah Kaca menjadi Zero Emission,” jelasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.