arnews.id
arnews.id Media Online

Perbedaan Motogp dan WSBK

44

Motogp dan WSBK tidak diragukan lagi adalah kejuaraan sepeda motor paling bergengsi di dunia, menyajikan kecepatan dan manuver beresiko tinggi sudah pasti membuat para fans terhibur.

Sekilas memang Motogp dan WSBK terlihat sama, dengan pembalap-pembalap top dunia yang bersaing dibeberapa sirkuit kelas dunia. Mungkin sampai disitu saja persamaan dari keduanya. ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok antaraa Motogp dan WSBK. Motor, anggaran, tim, sirkuit yang digunakan, fans, dan hadiah menjadi perbedaan besar.

 Anggaran (Budgets)

Anggaran pada tim Motogp sudah dipastikan lebih besar dibandingkan dengan WSBK. tim Motogp dapat mengeluarkan anggaran tidak terbatas dalam pengembangan sepeda motor, barang-barang, mekanik dan lain-lain. Sedangkan WSBK membatasi anggaran untuk semua tim untuk mengikuti kejuaraan.

Sepeda Motor

Sepeda motor yang digunakan Motogp dan WSBK juga terlihat sama, tapi memiliki perbedaan mesin yang sangat besar.

Sepeda motor yang digunakan di ajang WSBK adalah sepeda motor yang dijual ke public lalu dimodifikasi untuk keperluan balap. Sedangkan Motogp memakai sepeda motor yang memang dibuat khusus untuk ajang balap.

Elektromik dan Perangkat Lunak (ECU dan software)

Pada tahun 2016 Motogp menetapkan standarisasi dari ECU (Engine Control Unit) dan paket perangkat lunak agar kompetisi semakin adil. Dalam WSBK sistem elektronik dibebaskan tetapi tidak boleh melebihi dari batas anggaran.

Tim

Perbedaan tim Motogp dan WSBK tidak begitu besar dimana pabrikan sepeda motor biasanya turun dikedua ajang, hanya beberapa saja yang memilih satu dari kedua ajang , seperti Kawasaki dan BMW yang hanya turun di WSBK dan KTM hanya di ajang Motogp.

Tim Motogp yang mempunyai anggaran lebih besar sehingga mampu memiliki perlengkapan yang paling baru dan dapat mempekerjakan mekanik-mekanik top dunia.

Musim Balap

Musim balap Motogp lebih Panjang dari WSBK, dimana ada 19 seri balapan (bisa bertambah atau berkurang) dimulai dari awal maret sampai akhir November. Sedangkan WSBK  hanya memiliki 13 seri balap, dimulai dari pertengahan februari hingga akhir oktober.

Sirkuit

 Ada sedikit perbedaan juga pada sirkuit yang digunakan Motogp dan WSBK, walaupun kebanyakan kedua ajang tersebut memakai sirkuit yang sama untuk menggelar balapan. Pada seri Inggris contohnya, Motogp menggunakan sirkuit Silverstone sedangakan WSBK diselenggarkan di sirkuit Donnington.

Pembalap

Tidak diragukan lagi Motogp memiliki pembalap-pembalap hebat dari yang terhebat, sekali lagi dengan anggaran yang besar mereka bisa merekrut pembalap-pembalap hebat. Biasanya WSBK adalah menjadi tujuan untuk pembalap Motogp yang performanya mulai menurun.

Dengan perbedaan-perbedaan dan juga kesamaan baik Motogp dan WSBK membuat kedua kejuaraan sepeda motor kelas dunia tersebut sangat menarik untuk disaksikan.

(Sumber redbull.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.