arnews.id
arnews.id Media Online

Pengadilan Inggris Buktikan Klaim Palsu Pencipta Bitcoin

21

arnews – Pengadilan Inggris berhasil membuktikan klaim palsu orang yang mengaku sebagai pencipta bitcoin.

Seorang pria bernama Craig Wright mengaku sebagai ‘Satoshi Nakamoto’. Pencipta Bitcin yang selama ini tak pernah diketahui sosok asilinya. Namun, pengakuan tersebut dibantah pengaddilan tinggi London.

Carig telah lama mengkkalim sebagai penulis buku putih, teks dasat bitcoin, yang terbit pada 20008. Buku tersebut terbit dengan nama samaran.

Crypto Open Patent Alliance (COPA) kemudian menuntut Craig Wright ke pengadilan untuk menghentikannya menggugat para pengembang bitcoin. COPA menuntut agar pengadilan memutuskan Craig bukan Satoshi, dikutip dari ANN, Selasa (19/3).

Hakim James Mellor, yang memimpin persidangan, mengatakan bahwa sangat banyak bukti kalau Craig bukan Satoshi.

“Dr Wright bukan penulis buku bitcoin, dr Wright bukanlah orang yang mengadopsi atau beroperasi dengan nama samaran Satoshi Nakamoto pada periode 2008 hingga 2011,” kata Mellor.

COPA mengatakan keputusan tersebut merupakan “kemenangan bagi para pengembang, bagi seluruh komunitas open source dan kebenaran.”

“Selama lebih dari delapan tahun, Dr Wright dan para pendukung finansialnya telalh berbohong tentang identitasnya sebagai Satoshi Nakamoto dan menggunakan kebohongan ini untuk menggertak dan mengintimidasi para pengembang di komunitas bitcoin,” kata juru bicara Copa dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, pengacara Craig Wright berargurmen dalam pengajuan pengadilan bahwa ia telah menghasilkan “bukti yang jelas menunjukkan kepenulisan buku putih dan penciptaan bitcoin.”

Leave A Reply

Your email address will not be published.