arnews.id
arnews.id Media Online

Pemkab Subang Kunjungi Pemkot Cilegon, Pelajari Pengelolaan Kepelabuhanan

20

Pemerintah Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat beserta rombongan yang terdiri dari Asisten Daerah, BUMD dan Anggota DPRD Kabupaten Subang melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Cilegon, Selasa 11 Januari 2022.
Asisten Daerah II Perekonomian Pembangunan Pemkab Subang Nunung Suhaeri mengatakan, kedatangannya ke Pemkot Cilegon ingin belajar lebih banyak tentang pengelolaan kepelabuhanan yang ada di Kota Cilegon.


“Di Cilegon sudah ada pelabuhan dan sudah punya regulasinya. Kami di subang punya pelabuhan Patimban, sudah oprasional. Kita ingin belajar bagaimana bisa berperan, bias berkiprah. Untuk itu kita mengajak pimpinan BUMD,” ujarnya.


Nunung mengungkapkan, pihaknya ingin berkiprah di kepelabuhanan, terlebih Patimban merupakan salah satu pelabuhan berskala nasional.


“Kami ingin belajar bagaimana mereka bisa bekerja disitu, kami tahu pelabuhan patimban skalanya nasional maupun internmasional. Kita ingin berkiprah disitu, sesuai porsi. Tentunya dalam melaksanakan itu kami butuh regulasi, makanya ingin tahu bagaimana regulasi di Kota Cilegon, barangkali bisa diterapkan di Subang,” katanya.


Sementara itu, Asda II Pemkot Cilegon Tubagus Dikrie Mualawardhana menyatakan, BUMD Cilegon baik PCM dan PDAM, sudah berjalan dengan baik. Dalam perjalanannya mereka juga mendapatkan PAD dan masuk ke kas daerah.
“Saat ini, kami sedang fokus dalam pengelolaan PT PCM yang baru saja ada perubahan dalam manajemen. Untuk PDAM Cilegon Mandiri, alhamdullilah, sudah menyumbangkan pendapatan dan masuk ke kas daerah Pemkot Cilegon,” katanya.


Ia menjelaskan, sampai dengan saat ini, untuk PDAM Cilegon Mandiri menyumbangkan PAD sekitar Rp 3,9 miliar tahun 2019 lalu. Jelas nanti tiap tahun ada kenaikan dari PDAM CM, untuk PCM juga sudah ada pendapatan yang masuk ke kas daerah,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.