arnews.id
arnews.id Media Online

Pemain Timnas Aljazair Divonis 8 Bulan Karena Dukung Palestina

62

arnews – Pemain Timnas Aljazair, Youcef Atal, dijatuhi hukuman ppercobaan delapan bulan penjara dan denda 45 ribu euro (Rp762 juta) oleh pengadilan di Prancis karena mengunggah video dukungan untuk Palestina.

Dikutip dari Al Jazeera, Pengadilan Nice menyatakan unggahan ulang Atal di media sosial pada Oktober lalu memicu kebencian atas dasr agama. Atal, yang memperkuat OGC Nice sejak 2018, diskors oleh klub Ligue 1 tersebur sejak Oktober lalu.

Lima hari setelah perang Hamas-Israel pada 7 Oktober, Atal mengunggah ulang video berdurasi 35 detik yang dibuat oleh seorang pengkhotbah  Palestina Mahmoud al-Hasnat yang menyerukan kepada Tuhan untuk memberikan ‘hari kelam bagi orang-orang Yahudi’.

Atal sedang bersama skuad timnsa Aljazair saat mengunggah postingan itu. Bek kanan 27 tahun itu kemudian menghapusnya setelah mendapat peringatan dari pihak Nice bahwa postingannya akan menimbulkan kontroversi.

Atal kemudian mengungkapkan permintaan maaf dan mengatakan dia ‘tidak pernah mendukung pesan kebencian’ dan mengutuk kekerasan ‘di mana pun du dunia’. Atal juga kembali mengungkapkan permintaan maaf dalam sidang Rabu (3/1).

“Membagikan video berarti ukut serta dalam pesannya dan membuatnnya terlibat,” kata jaksa Meggi Choutia dalam pengadilan tersebut.

Selain dijatuhi hukuman percobaan penjada delapan bulan, Atal hingga kini masih dibekukan dari tim Nice. Selain itu mantan pemain Paradou AC itu juga sempat mendapat larangan bertanding sebanyak tujuh laga dari Liga Sepak Bola Profesional (LFP).

Atal juga sempat ditahan otoritas Prancis pada November lalu karena postingan tersebut dan dibebaskan dengan jaminan sebesar 80 ribu euro dan ditempatkan di bawah pengawasan peradilan hingga persidangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.