arnews.id
arnews.id Media Online

Naskah Soal Ujian SMK Di Lamongan Dengan Foto Anies Ditarik

73

arnews – Naskah sial ujian kelas XI di SMK Muhammadiyah Sekaran, Kabupaten Lamongan, yang memuat foto calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan telah ditarik.

Kepala  Cabang Dinas Pendidikan wilayah lamongan, Jawa Timur Hidayat Rachman mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak sekolah dan kepolisian untuk menarik naskah soal itu.

“Kami telah berkoordinasi dengan Polsek dan pihak-pihak terkait termasuk kepasa sekolahnya, dan seluruh soal [bergambar Anies] telah kami tarik,” kata Hidayat kepada wartawan, Jumat (15/12).

Hidayat juga meminta agar Kepala Sekolah lembaga pendidikan tingkap SMA?SMK tidak melakukan hal serupa. Karena sesuai aturan, ASN haruslah netral termasuk lembaga pendidikan yang berada di bawah Cabang Dinas Lamongan.

“Saya pikir semua tegak lurus dengan aturan itu, semoga kejadian ini menjadi Pelajaran dan koreksi bagi lembaga pendidikan yang lain supaya hal serupa ini tidak terjadi lagi,” ucapnya.

Sementara itu. Ketua Bawaslu Lamongan Tony Wijaya mengatakan, usai mendapati laporan soal ujian salah satu SMK itu, pihaknya pun telah memanggil Kepala Sekolah dan Petugas Tata Usaha (TU) yang bersangkutan.

Bawaslu Lamongan lantas melaukan Analisa terhadap kejadian itu. Kesmipulan pertama soal ujian itu bukan pelanggaran karena hanya memuat foto Anies seorang.

Menurut Bawaslu Lamongan, dalam Undang-Undang Pemilu dari Keputusan Komisi Pemilihan (KPU tentang aturan kampanye, materi kampanye haruslah memuat foto pasangan capres-cawapres, nomor urut, visi, misi dan profram paslon.

“Namun pada foto [soal ujian] yang beredar hanya terdapat foto calon presiden yakni Anies Baswedan,” ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.