arnews.id
arnews.id Media Online

MotoGP 2023 Berubah Format Lagi, Dimulai di GP Inggris

344

arnews – Perubahan format di balapan MotoGP kembali terjadi dan akan dimulai pada Agustus mendatanf di GP Inggris.

Pada Senin (17/7) sore, FIM menetapkan perubahan format latihan bebas menjadi lebih ringkas.

Jika semula latihan bebas pertama (FP1) dan latihan kedua (FP2) digelar di haru yang sama, kini akan dipisah.

Dorna menetapkan, balapan haru Jumat dimulai dengan sesi FP1 dengan durasi selama 45 menit. Sesi FP1 ini berlangsung di pagi hari.

Kemudian di siang harinya, para pembalap memiliki sesi Practice dengan waktu 60 menit.

Sesi latihan inilah yang kemudian dijadikan patokan bagi para pembalap untuk lolos otomatis ke Q2 atau harus lebih dulu melewati Q1.

Kemudian FP2 yang biasanya diselenggarakan pada Jumat siang akan digeser ke Sabtu pagi. Bedanya, FP2 hanya berdurasi 30 menit.

Format baru ini otomatis mengurangi dirasi FP2 yang semula berjalan selama 60 menit. Kemudian, sesi lanjutanya adalah Kualifikasi (Q1) dan Kualifikasi (Q2, yang masing-masing berlangsung selama 15 menit.

Setelah ababk Kualifikasi rammmpung, para pembalap bakal bersaing di sesi sprint race. Ajang ini masih menjadi penentu pole position.

Sementara taka da perubahan format balapan di Minggu. Dimulai pemanasan berdurasi 10 menit dan dilanjutkan ke sesi race atau balapan utama.

MotoGP 2023 menjadi musim paling radikal dalam perubahan format. Di awal musim dorna sudah memberlakukan Sprint Race sebagai format baru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.