arnews.id
arnews.id Media Online

Michelin Siapkan 1.200 Ban Untuk MotoGP Mandalika

107

arnews – Michelin yang merupakan penyuplai resmi ban untuk MotoGP, membawa total 1.200 ban dengan 30 spesifikasi berbeda.

Pada gelaran MotoGP Michelin selalu menyediakan 1.200 ban untuk setiap seri. Pembalap akan mendapat masing-masing 28 band terdiri dari 12 ban depan dan 13 ban belakang. Namun mereka hanya diperbolekan menggunakan 10 ban depan dan 12 ban belakang.

Pada musim kali ini Michelin mengurangi spesifikasi ban untuk MotoGP 2022, pada musim sebelumnya jenis ban yang tersedia ada 41, musim ini Michelin menguranginya menjadi 30 jenis ban.

Keputusan tersebut dihasilkan dari pertemuan dengan pembalap yang sepakat untuk menyederhanakan pemilihan ban.

“Selain lebih memudahkan tim peserta untuk memilih tipe ban yang tepat, perampingan ini juga mengurangi dampak lingkungan karena bahan baku yang digunakan berkurang, sehingga lebih sedikit ban yang kan disimpan dan didaur ulang setelah digunakan,” kata Taramasso dikutip dari Antara.

Pemilihan ban pada MotoGP sangat penting, karena ban merupakan salah satu faktor penentu untuk motor MotoGP bisa melaju cepat pada trek. Selain itu pemilihan ban yang tepat dapat membuat kepercayaan diri rider semakin tinggi. Ban juga selalu masuk pada strategi balap setiap tim MotoGP untuk meraih target pada balapan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.