arnews.id
arnews.id Media Online

MER-C Sebut Israel Ubah RS Indonesia Jadi Markas IDF

45

arnews – Organisasi relawan kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) menyebut Israel sengaja menguasai Rumah Sakit Indonesia di Gaza sebagai markas militer pasukan mereka (IDF).

Kepala Presidium MER-C Indonesia Sarbini Abdul Murad pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (20/12), menyebutkan Hamas malah tidak ada dan tak menjadikan RS Indonesia di Gaza sebagai markas.

“Apa yang terjadi sekarang. Sekitar dua Minggu yang lalu, Israel menempatkan pasuaknnya dan [menjadikan] markas [RS Indonesia], yang dulu pernah mereka tuduh sebagai markas Hamas dan tidak ada orang Hamas di situ,” ujar Sarbini.

Israel, lanjut dia, juga menjadikan RS Indonesia sebagai tameng. Sarbini kemudian mengecam tindakan pasukan Zionis yang menguasai RS Indonesia dan menjadikan sebagai markas militer untuk menyerang warga Gaza.

Selain itu, dia mendesak pasukan Israel mematuhi hukum humaniter internasional untuk tidak menyerang fasilitas kesehatan.

“Kami mengecam cara-cara dengan menjadikan Indonesia sebagai markas,,” kata Sarbini.

Sarbini lantas menduga serangan Israel ke RS Al Nasser dan RS Kamal Adwan akan bernasib sama seperti RS Indonesia.

Sebelum RS Indonesia diduduki pasukan Israel, mereka sempat menyerang fasilitas medis tersebut. Pasukan Israel juga mengusir petugas medis, pasien, hingga warga yang mengungsi di RS Indonesia.

Beberapa hari sebelumnya melancarkan serangan, Israel menuduh RS Indonesia menjadi tempat persembunyian dan markas Hamas. Tuduhan Israel itu segera dibantah direktur RS Indonesia di Gaza.

Leave A Reply

Your email address will not be published.