arnews.id
arnews.id Media Online

Melebihi Oppenheimer, Ini 10 Ledakan Tebesar Dalam Sejarah

181

arnews –  ledakan bom atom buatan J. Robert Oppenheimer yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, jepang, ternyata tidak ada apa-apanya disbanding 10 ledakan terbesar dama sejarah alam semesta.

Ledakan baik alami atau buatan manusia, menimbulkan kekaguman sekaligus terror selama berabad-abad. Mulai dari kecelakaan amunisi yang tragis, hingga bencana kosmik di luar angkasa tercatat sebagai ledakan terbesar sepanjang sejarah alam semesta.

Hal itu pula yang menjadi salah satu yang menginspirasi sekelompok ilmuan di Manhattan Project di bawah Komando Oppenheimer untuk menciptakan bom atom yang kemudian dijatuhkan meski jepang sudah terindikasi menyerah.

Berikut daftar ledakan terbesar sepanjang sejarah alam semesta, Merujuk LiveScience.

  1. Ledakan trinity

Oppenheimer tercatat pernah meledakan bom ataom yang lebih dasyat daripada Hiroshima dan Nagasaki. Om atom pertama di dunia ini diledakan sebagi bentuk uji coba di Situs Trinity, dekat Alamogordo, NM. Pada 16 Juli 1945.

Bom berjuluk “Gadget” itu meledak dengan kekuatan sekitar 20 kiloton TNT. Oppenheimer saat menonton ujian tersebut memikirkan sebuah kalimat dari kitab suci Hindu Bhagavad Gita: “saya menjadi kematian, penghancur dunia.”

  • Bencana nuklir Chernobyl

Sebuah rekator nuklir meledak di Chernobyl, Ukraina pada 1986. Bencana ini merupakan kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah.

Ledakan tersebut meledakan tutup reactor seberar 2.000 ton, dan menyebarkan 400 kali lebih banyak radio aktif daripada bom Hiroshima, mencapai lebih dari 200.000 km persegi Eropa. Sekitar 600.000 orang terpapar radiasi dosis tinggi, dan lebih dari 350.000 orang harus dievakuasi dari daerah terkontaminasi.

  • Bencana Texas

Kebakaran di atas kapal kargo SS Grandcamp yang berlabuh di Kota Texas pada tahun 1947 meledakan 2.300 ton alumunium nitrat, senyawa yang digunakan dalam pupuk dan bahan peledak tinggi.

Ledakan itu bahkan menghempaskan dua pesawat dari langit dan memicu reaksi berantai yang meledakan kilang terdekat serta kapal kargo tetanffa yang membawa 1.000 ton ammonium nitrat lainnya.

  • Ledakan Halifax

Pada 1917, sebuah kapal kargo Prancis yang penuh dengan bahan peledak untuk Perang Dunia I secara tidak sengaja bertabrakan dengan Kapal Belgia di Pelabuahn Hallifax, Kanada.

Kecelakaan itu menyebabkan kapal meledak dengan kekuatan melebihi dari ledakan buatan manusia sebelumnya, setara 3 kiloton TNT. Ledakan itu mengirimkan semburan putih yang mengepul hingga 6.100 meter di atas kota dan memicu tsunami setinggi 18 meter.

  • Ledakan Tunguska

Ledakan misterius di dekat Sungai Podkamennaya Tusnguska pada 1908 meratakan sekitar 2.000 kilometer persegi hutan Siberia, sebuah area yang hampir seluas Tokyo.

Para Ilmuawan mengira ledakan itu disebabkan oleh dampak kosmik dari asteroid atau komet yang mungkin berdiameter 20 meter dan masa 185.000 metrik ton. Ledakan itu kira-kira sekuat empat megaton TNT atau 250 kali lebih kuat dai bom yang dijatuhkan di Hiroshima.

  • Letusan gunung tambora

Salah satu ledakan terbesar di dunia terjadi di Indonesia pada 1815 ketia Gunung Tambora Meletus.

Gunung yang terletak di Pulau Sumbawa, NTB itu Meletus dengan kekuatan sekitar 1.000 megaton TNT dan menjadikannya sebagai letusan gunung berapa terbesar dalam sejarah dunia.

  • Peristiwa kepunahan dinosaurus

Zaman dinosaurus berakhir dengan bencana kepunahan sekitar 65 juta tahun lalu yang membunuh kira-kira setengah dari semua spesies di bumi.

Meskipun penelitian menunjukan bahwa planet ini di ambang krisis lingkungan sebelum Kapus-Tersier, namun yang memusnahkan dinosaurus secara luas adalah komet selebar 10 kilometer yang menghantam bumi.

Hantaman itu mengakibatkan ledakan dengan kekuatan sekitar 10.000 gigaton TNT atau sekitar 1.000 kali ukuran persenjataan nuklir dunia. Tabrakan itu menyelimuti bumi dengan debu, memicu badai api global, hingga tsunami setinggi ribuan kaki.

  • Komet shoemaker-levy 9

Ini merupakan peristiwa tabrakan dahsyat antara Komet Shoemaker-Levy 9 dengan Planet Jupiter pada tahun 1994. Tarikan gravitasi planet raksasa itu merobek komet menjadi fragmen-fragmen selebar 3 km.

Komet tersebut menghantam permukaan Jupiter dengan kecepatan 60 Km per detik, menghasilkan 21 tumbukan yang terlihat. Diperkirakan telah meledak dengan kekuatan 6.000 gigaton TNT.

  • Ledakan supernova

Supernova merupakan ledakan yang paling dikenal di seluruh galaksi. Supernova paling terang yang tercatat dalam sejarah terlihat di konstelasi Lupus (bahasa latin untuk srigala) pada musim semi 1006.

Ledakan emas luar biasa yang sekarang dikenal sebagai SN 1006 terjadi sekitar 7.000 tahun vahaya jauhnnya di bagian galaksi yang cukup dekat, dan cukup terang untuk menimbulkan bayangan dan tetap terlihat selama berulan-bulan di siang hari.

Ledakan ini memiliki beberapa pesaing baru. Pada tahun 2016, para astronom mendeteksi supernova ultrabright lain, Bernama SN2016aps, yang memancarkan lebih banyak Cahaya daripada supernova mana pun yang pernah tercatat.

  1. Ledakan sinar gamma

Ledakan sinar gamma merupakan ledakan terkuat di alam semesta.

Pada 9 Oktober 2022, para atronom melihat semburan sinar gamma paling terang yang pernah tercacat. Diluncurkan melintasi ruang angkasa dari bumi runtuh, melahirkan lubang hitam.

Semburan gamma secara resmi disebut GRB 221009A, tetapi dijuluki The BOAT atau yang paling terang sepanjang masa, dianggap lebih terang daripada GRB berenergi tinggi lainnya. Para ilmuwan menyebutnya sebagai ledakan terbesar di alam semesta semenjak Big Bang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.