arnews.id
arnews.id Media Online

Media Asing Soroti Dugaan Pelecehan Seksual Miss Universe Indonesia

179

arnews – Sejumlah media asing menyoroti dugaan pelecahan seksual yang dialami finalsi Miss Universe Indonesia (MUID).

Media Amerika Serikat, CNN International dalam berita berjudul “Miss Universe Indonesia Contestants claim the were subjected to topless ‘body check’” menggarisbawahi enam finalis yang membuat laporan ke polisi setelah menjadi korban pelecehan Penyelenggara acara.

CNN Indonesia mengutip pengacara para korban, Mellisa Anggraini, yang menyebut kliennya diminta melepas atasan mereka Sehingga panita kontes bisa melakukan pemeriksaan tubuh seperti biasanya karena dilakukan di depan laki-laki.

“Pada konferensi pers, kontestan tak dikenal lainnya, yang wajahnya disamarkan oleh penyiar lokal, mengaku telah diminta berpose dengan tidak pantas, termasuk dengan membuka kakinya,” tulis CNN, Rabu (9/8).

The Independent, juga turut mewartakan kasus serupa. Dalam tajuknya “Miss Universe Indonesia contestans say they were sexually harassed and subjected to ‘body checks’”, media inggris ini melaporkan bahwa para kontestan diminta melepas atadan di dalam ruangan yang diisi 20 orang, termasuk laki-laki.

“Mereka juga mengaku difoto tanpa busana, menurut pengacara korban. Pengacara mengatakan dugaan pelecehan seksual terjadi dua hari sebelum kontes final kontes kecantikan di ibu kota Jakarta pada 3 Agustus,” tulis The Independent, Rabu (9/8).

Media yang berbasis di Hong Kong, South China Morning Post (SCMO), juga turut menyoroti kasus ini.

SCMO menekankan 30 finalis kontes “menjadi sasaran pemeriksaan tubuh yang tidak terduga.”

Media-media di Asia Tenggaa seperti New Straits Times di Malaysia, Channel News Asia di Singapura, hingga The Manila Times di Filipina turut mengabarkan kasus pelecehan para kontestan.

“Para finalis tidak mengetahui bahwa mereka bakal dikenakan prosedur seperti itu. Karena awalnya tidak direncanakan untuk dilakukan,” tulis New Straits Times.

“Lebih dari setengah lusim Perempuan yang bersaing dalam kontes Miss Universe Indonesia telah melaporkan Penyelenggara ke polisi atas tuduhan pelecehan seksual,” tulis The Manile Times. “Di Tengah dugaan pelecehan seksual di kontes kcantikan Miss Universe Indonesia, polisi Jakarta mengkonfirmasi bahwa penyelidikan sedang berlangsung setelah seorang finalis pada Seninn (7/8) membuat laporan,” tulis CAN.

Leave A Reply

Your email address will not be published.