arnews.id
arnews.id Media Online

Mahfud Sebut Kasus Johnny Plate Buat Mangkrak 987 Tower BTS 4G

40

arnews – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan kasus Korupsi yang menjerat Menkominfo Johnny G Plate menyebabkan sekitar 985 tower proyek base transceiver station (BTS) 4G Kemenkominfo mangkrak.

Mahfud mengatakan kondisi ini diketahui Badan Pengawasan dan Pembangunan (BPKP) memeriksa keberadaan ratusan tower BTS itu melalui satelit.

“Tiang itu dilihat oleh satelit oleh BPKP. Kan hanya ada 985 itu pun semua yang dijanjikan sampel tidak ada, hanya barang-barang mati. Mangkrak dan belum ada barangnya,” kata Mahfud seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (17/5).

Mahfud menjelaskan proyek pembangunan BTS 4G Kominfo dimulai sejak tahun 2020 lalu. Proyek ini memiliki rancangan anggaran sebesar Rp28 triliun yang akan dikeluarkan sampai 2024.

Mahfud mengatakan, guna merealisasikan kemudian dana dicairkan Rp10 triliun untuk proyek pembangunan tower BTS dengan target 1.200 tower dalam jangka waktu 2020-2021. Akan tetapi, ia mengatakan tower BTS 4G itu tak kunjung dibangun sampai akhir tahun 2021.

“Lalu diperpanjang sampai Maret [2023],” kata Mahfud.

Mahfud kemudian menjelaskan 4.800 tower BTS 4G Kominfo awalnya ditargetkan dibangun pada jangka waktu Desember 2021 hingga Maret 2023. Meski demikian, hanya 985 tower BTS 4G yang telah dibangun hingga saat ini tapi tidak bisa digunakan.

“Kemudian semula dihitung kerugian oleh Kejaksaan sekitar satu koma sekian triliun, tapi oleh BPKP turun tangan, diperiksa itu ternyata mulai dari perencanaan, penunjukan konsultan, penunjukan barang, mark-up dan sebagainya itu lah yang kemudian dijadikan alasan,” katanya.

Mahfud juga menyatakan kasus koruspi yang menjerat Menkominfo Johnny G Plate tak memiliki kaitan dengan politisasi hukum.

“Mari kita berpikir positif saja ini tidak mengarah ke partai, tapi tindak pidana dugaan tindak pidana Korupsi yang nanti bisa dinilai secara terbuka di pengadilan,” ucapnya.

Kejaksaan Agung telah menetapkan Johnny Plate sebagai tersangka dalam kasus Korupsi pembangunan Menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung BAKTI Kominfo.

BPKP menaksir nilai kerugian keuangan negara akibat kasus BAKTI Kominfo mencapai Rp8 triliun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.