arnews.id
arnews.id Media Online

Mahfud MD: Menpora Harus Pastikan Pertandingan Sesuai FIFA

57

arnews  – Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Stadion Kanjuruhan, Mahfud MD, emerintahkan Menpora Zainudin Amali untuk memastikan pertandingan sepak bola berjalan sesuai peraturan FIFA dan Undang Undang Nasional.

Keputusan itu merupakan salah satu langkah-langkah jangka pendek yang akan dilakukan TGIPF. Mahfud memerintahkan Menpora untuk segera mengumpulkan stakeholder sepak bola.

“Menpora supaya undang pemimpin PSSI. Semua panitia pelaksana daerah. Pemilik klun dan lain-lain untuk pastikan tegaknya peraturan pertandingan baik yang dibuat FIFA atau UU nasional untuk melakukan evaluasi meyeluruh sebelum dilakukannya normalisasi penyelenggaraan,” kata Mahfud dalam konferendi pers virtual, Senin (3/10).

Mahfud juga mengatakan sesuai perintah Presiden Joko Widodo, seluruh pertandiangan Liga Indonesia dihentikan menyusul tragedi Kanjuruhan.

“Presiden bilang [pertandingan] diberhentikan dulu sampai ada evaluasi total dan menyeluruh,” ucap Mahfud.

Dalam konferensi pers itu Menko Polhukam juga memerintahkan kepada Polri untuk segera mengumumkan upaya penegakan hukum atas tragedi kanjuruhan yang menewaskan setidaknya 125 orang di Malang, Jawa Timur.

“Untuk Tindakan pertama dalam waktu pendek 2-3 hari ke depan, Polri harus umumkan Tindakan penertiban dan penegakan hukum,” kata Mahfud.

Mahfud juga memastikan Presiden Jokowi akan memberikan santunan Rp50 juta untuk korban jiwa Tragedi Kanjuruhan dan memerintahkan Kemenkes untuk memastikan seluruh biaya korban luka-luka ditanggung negara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.