arnews.id
arnews.id Media Online

Lolos Penjaringan Minat Dan Penilaian Program ISWMP, DLH Kota Cilegon Terima 100 Miliar Dari Kementerian PUPR

99

Cilegon, arnews – Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon menjadi salah satu dari 40 kabupaten/kota yang diundang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kementerian PUPR) untuk mengikuti penjaringan minat dan penilaian program berskala nasional untuk meningkatkan kinerja pengelolaan sampah yang beradaptasi dengan berbagai kondisi perkotaan yang berbeda di Indonesia atau program Improvement Of Solid Waste Management to Support Regional Area and Metropolitan Cities (ISWMP).

ISWMP itu sendiri sudah dikembangkan di beberapa kabupaten/kota terpilih di Indonesia. Hal ini selaras dengan Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018, dimana sebagian besar dana investasi akan dialokasikan pada beberapa kabupaten/kota. Dengan upaya ini diharapkan Pemerintah dapat membantu mewujudkan capaian kabupaten/ kota agar bersih dari sampah. Sedangkan konsep dasar pelaksanaan ISWMP itu didalamnya termasuk memberikan pendampingan terhadap kabupaten/kota dalam meningkatkaan kinerja sistem pengelolaan sampah, agar sejalan dengan platform pengelolaan sampah nasional.

Dari 40 kabupaten/kota yang mengikuti program ISWMP ini, Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon merupakan salah satu dari 6 peserta kabupaten/kota yang lolos dalam penjaringan minat dan penilaian, setelah sebelumnya telah mengikuti 3 tahapan penilaian. Dari hasil penilaian ekspos serta wawancara tentang kesiapan perencanaan pembangunan pengelolaan sampah terpadu (TPST) yang gelar tanggal 14 sampai 15 September 2022 di Jakarta, sebanyak 14 kabupaten/kota terpilih ke tahapan penilaian berikutnya, yaitu verifikasi lapangan yang meliputi diskusi dengan OPD di Kota/Kabupaten tentang instrument verifkasi lapangan, kunjungan lapangan, interview dengan OPD terkait pemenuhan readiness criteria dan pembahasan hasil verifikasi lapangan serta penandatanganan berita acara pada tanggal 27 September 2022, yang dilakukan oleh Tim Verifikasi yang terdiri dari Central Project Management Unit (CPMU) Kementerian PUPR, ISWMP, Nasional Project Management Cosultant ISWMP serta Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Banten.

Kemudian penilaian tahap ketiga yang dilakukan tanggal 20 dan 21 Oktober 2022, Tim penilai datang langsung ke Kota Cilegon untuk melakukan verifikasi akhir dari kelengkapan dokumen sampai menilai kondisi kesiapan lapangan yang akan dijadikan tempat pengelolaan sampah terpadu seluas satu hektar. Hal itu disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ahmad Aziz Setia Ade Putra, di sela kegiatannya meninjau TPSA Bagendung, Kamis (1/12)

Ahmad Aziz juga menyampaikan, “ tanggal 22 November 2022 lalu,melalui surat yang dikeluarkan oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR mengumumkan Kabupaten Indramayu, Kabupaten Tuban, Kabupaten Gianyar, Kota depok, kota Cilegon dan Kota Padang yang terpilih untuk dapat menerima bantuan program ISWMP. Bantuan tersebut berupa bangunan dan peralatan pengolah sampah dengan kapasitas 300 ton per hari, senilai 100 Miliar. Bahkan di tahun 2023 nanti kita akan mendapat pendampingan langsung dari Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri dalam penyusunan regulasinya, baik dalam menyusun Perda maupun Perwal”, ungkap Ahmad Aziz.(ADV/sy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.