arnews.id
arnews.id Media Online

Lima Jalan Tol Termahal Di Dunia, Tarif Sekali Jalan Hingga Jutaan

102

arnews – Jalan tanpa hambatan atau biasa disebut jalan tol banyak menghubungkan wilayah, terutama di kota besar. Pada umumnya warga dikenakan tarif untuk menggunakan fasilitas ini dan beberapa negara harganya cukup mahal.

Di Indonesia sendiri butuh uang Rp811 ribu untuk menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Timur Pulau Jawa. Artinya, jika jalan jauh melalui tol harus menyiapkan kocek yang tidak sedikit.

Jalan tol dibangun bukan hanya dari pajak masyarakat, melainkan oleh pihak swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Maka dari itu masuk tol dikenakan tarif.

Tarifnya pun bervariasi, di tol dalam kota Jakarta misalnya, berkisar antara Rp10 ribu sampai Rp17 ribu untuk sekali masuk pintu tol. Harga yang terbilang murah dibanding negara lain. Berikut lima jalan tol dengan tarif termahal menurut drive.com:

  • Terowongan Grand Saint Bernard, Swiss

Terowongan Grand Saint Bernard yang membentang di bawah puncak Pegunungan Alpen Swiss dibuka pada 1964, menghubungkan Swiss dan Italia.

Penyebarangan satu arah untuk mobil biasa dikenakan tarif 32 euro, atau sekitar Rp506 ribu.

  • Confederation Bridge, Kanada

Berpergian melintasi Jembatan Konfederasi Kanada akan dikenakan $CA50,26 atau sekitar Rp577 ribu untuk mobil dua gardan biasa.

Jembatan sepanjang 12,9 kilometer ini menghubungkan provinsi Prince Edward Island dan New Brunswick di Kanada dan diklaim sebagai jembatan terpanjang di atas air yang tertutup es di dunia.

  • Jalan Pegunungan Alpen Grossglocker, Austria

Tiket harian untuk mengendarai mobil di jalan sepanjang 47,8 kilometer melalui Pegunungan Alpen Australia ini akan dikenakan Biaya 40 euro atau sekitar Rp662 ribu.

Mobil listrik dan hydrogen mendapatkan diskon jika melewati jalan ini, tiket itu disebut “tiket ramah lingkungan” seharga 32 euro atau Rp529.

Jalan tol ini juga memberikan diskon untuk tiket terusan, dan juga pada jam 6 sore di luar jam sibuk.

  • A10 Paris ke Bordeaux, Prancis

Mobil yang melakukan perjalanan lebih dari 550 kilometer dari ibu kota Prancis, Paris, ke Bordeaux di barat daya negara ini perlu membayar total 57,20 euro atau sekitar Rp947 ribu untuk biaya tol saa berkendara sepanjang A10

Dikenal dengan nama lain L’Aquitaine, A10 merupakan jalan tol terpanjang di Prancis dan dibangun pada 1960-an.

  • Pennsylvania Turnpike, Amerika Serikat

Pengemudi yang melintasi seluruh jalan tol sepanjang 580 kilometer di Pennsylvania Turnpike dapat dikenakan biaya tol maksimum US$176,80 atau sekitar Rp1,5 juta untuk kendaraan penumpang.

Namun tarif tol berubah hingga US$208 atau sekitar Rp2,5 juta untuk kendaraan niaga ringan seperti truk yang menarik trailer – jika menggunakan jalan tol ini dari awal hingga akhir.

Leave A Reply

Your email address will not be published.