arnews.id
arnews.id Media Online

LIB Belum Bisa Pastikan Tanggal Penggunaan VAR Di Liga 1

47

arnews – Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Asep Saputra memastikan video assistant refree (VAR) belum digunakan pada pekan-pekan ke-24 Liga 1 2023/2024.pekan ke-24 Liga 1 2023/2024 akan dimulai pada 4 Februari 2024. Setelah itu liga jeda kembali karena ada Pemilu. Liga mulai lagi pada 22 Februari.

Awalnya, PSSI dan LIB ingin VAR digunakan pada putaran kedua kompetisi. Tepatnya setelah jeda selama hampir dua bulan untuk kepentingan Timnas indoensia di Piala Asia 2023 (2024).

Untuk memenuhi target tersebut, LIB dan PSSI secara marathon menggelar persiapan. Tidak hanya persiapan Teknologi, tetapi juga sumber daya manusia (SDM) seperti operator dan wasit.

“Pastinya enggak. VAR masih dalam fase, kita sampaikan sebelumnya, saat ini secara Teknologi masih kita proses yang mobile VAR-nya dan alat-alat VAR-nya,” kata Asep pada Selasa (19/12).

“Senada juga dari PSSI secara SDM sedang berjalan. Kemarin kita baru selesai tanggal 19 stage 2 di Jakarta. Waktu kemarin wasit VAR, asisten VAR, dan operator sudah mulai latihan sama-sama,” ujarnya.

Pada akhirnya Keputusan VAR bisa digunakan di Liga 1 tergantung FIFA. Jika FIFA telah memberikan tanda hijau, itu tandanya semua elemen yang dibutuhkan untuk VAR telah siap.

“Kita tidak berspekulasi [bisa atau tidak], tetapi timeline kita memang Februari. Prosesnya kan setelah alat datang semua, wasit sudah semua, akan fase approval,” katanya.

“Yang pasti untuk pemenuhan alat masih on track, on schedule. Dinamika sebenarnya itu di SDM, karena sudah ada program sampai Februai, tapi nanti kita bagaimana,” ucap Asep.

Kendati demikian Asep memastikan kesiapan SDM untuk VAR, bisa beradatasi dengan baik.

Karena LIB percaya VAR akan bisa digunakan pada musim 2023/2024. Hanya saja LIB tidak bisa memastikan kapan tanggal pasti kapan VAR akan digunakan resmi di kompetisi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.