arnews.id
arnews.id Media Online

Kualitas Buruk Wasit Liga 1 Jadi Catatan PT LIB

241

arnews – Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menyatakana akan melakukan evaluasi perangkat pertandingan sebeum Liga 1 musim 2022-2023 bergulir.

Selesainya Liga 1 musim 2021/2022 memberikan banyak pekerjaan rumah untuk PT LIB selaku penyelenggara kompetisi. Lukita berpendapat masih ada yang harus diperbaiki terutama terhadap wasit yang bertugas.

“Kami punya catatan terhadap penampilan perangkat pertandingan seperti wasit, kita tau semua. Tapi [kesalahan] wasit itu mungkin unsur dari mereka yang sudah lama tidak memimpin,” kata lukita dikutip dari CNNIndonesia pada Senin (24/5).

Terhentinya kompetisi adalah salah satu alasan mengapa kaulitas wasit menurun. Namun ia juga mengatakan bahwa itu tidak bisa menjadi alasan.

“[Pandemi] itu bukan alasan untuk dibenarkan. Itu menjadi pelajaran buat kita semua bahwa hal tersebut tidak bisa menjadi alasan,” kata Lukita.

Mengamini perkataan Lukita, Direktur Operasional PT LIB Sudjarno akan berkomunikasi dengan PSSI terkait kepemimpinan wasit saat bertugas. Menurutnya wasit merupakan salah satu aspek yang harus diperbaiki untuk Liga 1 musim 2022/2023.

Wasit akan kami evaluasi. Nanti kami komunikasikan dengan federasi soal ini,”

Keritik keras terahadap kepemimpinan wasit membuat PT LIB memasang wasit tambahan pada pekan ke-3- Liga 1 2021/2022. Keputusan tersebut diambil untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan. Walaupun dinilai belum maksimal tetapi tidak menutup kemungkinan memasang wasit tambahan akan dilakukan di Liga 1 2022/2023.

Liga 1 musim 2022/2023 direncakan akan bergulir mulai 27 Juli 2022 hingga Maret 2023. Sementara untuk Liga 2 PT LIB memperkirakan kompetisi akan bergulir tidak lama setelah Liga 1 mulai.

PT LIB sedang mengupayakan untuk kembalinya kompetisi dapat dihadiri penonton. Pihaknya terus menjalin komunikasi dengan Kemenpora, PSSI, Satgas Covid-19, dan Polri untuk membicarakan teknis kompetisi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.