arnews.id
arnews.id Media Online

Kota Cilegon Raih Juara Umum Lomba TTG XXIV Provinsi Banten

290

Cilegon, arnews –  Kota Cilegon meraih juara umum lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG)  XXIV Tahun 2023 tingkat Provinsi Banten yang digelar di Kampus Institut Teknologi Indonesia (ITT), Jalan Puspitek, Setu, Kec. Serpong, Kota Tangerang.

Dalam ajang itu Kota Cilegon berhasil menyabet juara I Kategori Inovasi TTG unggulan yakni Inovasi Pelipur Lara (Pengolah Limbah Rumah Pemotongan Hewan) menjadi Pupuk Organik, juara I Ketegori Inovasi TTG yakni Inovasi Termoform alat pencetak kemasan serba bentuk dan juara harapan I kategori Inovasi TTG yakni Tobong Sepakat alat pengolah sampah berbagai manfaat dengan zero limbah.

Selain itu di Lomba Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kota Cilegon juga berhasil meraih Juara I Posyantek Al Amin Kelurahan Panggung Rawi, Juara II Posyantek dan Harapan I kelembagaan pada ajang penilaian Posyantek Berprestasi Tingkat Provinsi Banten, juara I Posyantek Al-Amin Kelurahan Panggung Rawi, juara II, Posyantek Mekar Abadi Kelurahan Mekarsari, serta juara harapan I Posyantek Sepakat Kelurahan Purwakarta.

Analis Kebijakan Ahli Muda selaku pengampu Sub Kegiatan Inovasi dan Teknologi Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappedalitbang Kota Cilegon Rina Fatwa Aulia mengaku bersyukur setelah melalui proses pendampingan, persiapan sampai penilaian Inovasi TTG dan Posyantek pihaknya berhasil menuai prestasi di semua kategori.

Rina menyatakan, nantinya para juara I tersebut akan menjadi wakil Provinsi Banten pada penilaian Inovasi TTG dan Posyantek Tingkat Nasional pada 21 hingga 25 Mei mendatang. “Alhamdulillah, terimakasih kepada semua peserta karena peran aktifnya, Cilegon berhasil memenuhi target juara di provinsi, semoga di tingkat nasional juga kita bisa menuai prestasi,” kata Rina.

” Setelah ini, kita akan memberikan pendampingan kepada para inovator dan Posyantek untuk mempersiapkan penilaian tingkat nasional “, imbuhnya.

Sementara Kepala Seksi Perencanaan Partisipasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Banten Amir Mahmud Nasution mengapresiasi Kota Cilegon yang berhasil meraih semua kategori dari TTG Unggulan, Inovasi dan Posyantek.

“Selamat buat Kota Cilegon yang berhasil meraih semua kategori dalam ajang ini, setelah penilaian selama 3 hari ini, Kota Cilegon telah kami umumkan menjadi Juara Umum tingkat provinsi Banten,” ujarnya usai mengumumkan para juara.

Dia menghimbau bagi kota dan kabupaten yang belum berhasil meraih juara di ajang ini untuk tidak berkecil hati dan terus berinovasi, raih mimpi untuk menjadi yang terbaik di berbagai kesempatan yang lain.

Wahyudi, peserta yang meraih Juara I kategori Inovasi TTG Unggulan dalam ajang TTG XXIV Tingkat Provinsi Banten asal Kota Cilegon ini, mengaku tak menyangka akan meraih juara.

Menurutnya semua peserta yang tampil dalam ajang ini semua bagus – bagus inovasinya, ” Saya nggak nyangka  meraih juara. Saya lihat para nominasi yang tampil diajang ini semuanya menampilkan inovasi yang bagus. Semoga dengan saya meraih juara ini, membuat saya terus semangat dalam berinovasi yang bernilai manfaat untuk masyarakat”, ungkapnya. (Sy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.