arnews.id
arnews.id Media Online

Korsel Keluarkan Peringatan Tsunami Imbas Gempa Jepang

60

arnews – Korea Selatan mengeluarkan peringatan tsunami ddi beberapa bagian Laut Timur usai gempa dan Tsunami di Jepang, Senin (1/1).

Badan Meteorologi Korea (KMA) mengatakan tsunami yang disebabkan oleh gempa berkekuatan megnitudo 7,4 yang melanda Ishikawa dan sekitarnya menyebabkan kenaikan permukaan laut di sepanjang pantai timur Korea Selatan.

Dikutip Yonhap, KMA mengatakan tsunami dapat mencapai pantai kota timur Gangneung pada pukul 18.29 dan kota Tenggara Pohang pada pukul 19.17 waktu setempat.

KMA juga memperkirakan tsunami akan memiliki ketinggian di bawah 50 sentimeter, meskipun bisa meninngkat saat mencapai pantai.

Provinsi Gangwong yang berada di sepanjang Laut Timur, mengirimkan peringatan tsunami melalui pesan teks kepada penduduk di  enam kota dan Kabupaten di sepanjang pantai, mendorong orang-orang di daerah pantai untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Kepolisian laut setempat mengatakan mereka memantau situasi yang berkembang dengan cermat, sambil mencatat tidak ada laporan kerusakan pada awal Senin malam.

Otoritas Meteorologi Provinsi Gangwon mengeluarkan peringatan gelombang tinggi di Perairan sekitar kota-kota pantai, dengan kecepatan angin mencapai 16 meter per detik.

Mereka menambahkan bahwa daerah pantai yang rendah dapat tetap rentan terhadap gelombang tinggi sepanjang malam Senin dan Selasa dini hari.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami besar untuk Ishikawa dan peringatan atau himbauan tsunami tingkat rendah untuk sisa pantai barat laut Pulau Honshu.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan belum menerima laporan korban atau kerusakan bagi warga negara Korsel di Jepang hingga Senin malam.

Kementerian itu mengatakan itu mengatakan Konsulat Jendral Korea Selatan di Niigita, yang juga mengawasi Ishikawa, akan terus memantau situasi dan memberikan bantuan apa pun yang mungkin dibutuhkan oleh warga Korsel menyusul gempa Bumi tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.