arnews.id
arnews.id Media Online

Komite wasit PSSI: VAR tinggal tunggu lisensi FIFA

29

arnews – Anggota Komite Wasit PSSI Jimmy Napitupulu menyebut wasit-wasit Indonesia sudah mendapat lampu hijau dari FIFA untuk menggunakan Video Asisstant Referee (VAR) di Liga 1.

Sejauh ini FIFA telah mengirimkan dua wasit untuk memantau jalannya uji coba penggunaan VAR. Kedua wasit itu dari Mesir dan Malaysia. Menurut keduanya Indonesia sudah siap.

Hanya saha FIFA belum memberikan pengesahkan. Kepastian VAR bisa digunakan dalam Liga 1 2023/2024, tepatnya pada fase chmapionship, setelah lisennsi VAR dikeluarkan.

“Kita kan belum dapat approve [persetujuan] dari FIFA, makannya kita di sisi trial di pertandingan. Nanti videonya akan dikirim orangnya untuk melihat secara langsung bagaimana praktek wasit kita, apakah sudah layak untuk diberikan lisensi,” kata Jimmy  pada Senin (25/3).

Menurut Jimmy, wasit-wasit Indonesia yang ikut lisensi VAR ini harus terus mendapat pelatihan. Jika aplikasi VAR ditinggalkan, ia khawatir wasit akan lupa pada saat pelaksanaan.

“Untuk VAR ini kan harus latihan terus, nanti misalnya habis trial di sini libur misalnya setengah bulan, hilang lagi memorinya. Jadi harus terus berkesinambungan,” katanya.

Terlepas dari itu, mantan wasit FIFA itu percaya kualitas wasit Indonesia semakin membaik. Dengan ini Jimmy meyakini level kompetisi akan ikut terkatrol semakin membaik.

“Bukan soal [wasit] naik level, kompetisi kita yang naik level. Kita tetap development wasit, improvement wasit harus tetap dijalankan. Terbukti dengan apa? Chairman kita sekarang dari Jepang, head referee departement kita adalah bekas AFC,” kata Jimmy.

Leave A Reply

Your email address will not be published.