arnews.id
arnews.id Media Online

Kim Jong Un Pamer Drone Hingga Rudal Antarbenua Saat Bertemu Menhan Rusia

185

arnews – Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, bertemu dengan Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, dan memamerkan sederet senjata mutakhir negaranya, mulai dari drone hingga rudal balistik antarbenua.

Seorang pejabat Korut mengungkap bahwa Kim memamerkan persenjataan di gelaran Pertunjukan Peralatan dan Persenjataan 2023 di Pyongyang pada Kamis (27/7).

Dalam sejumlah foto yang dirilis kantor berita KCNA, Kim dan Shoigu terlihat berjalan melewati rudal balistik antarbenua Hwasong-17 dan Hwangsong-18.

Di sejumlah foto, tampak pula beberpa drone yang bleum pernah diliaht sebelumnya.

Menurut KCNA, Kim menjabarkan kepada Shoigu “mengenai persenjataan dan peralatan yang dikembangkan dan diproduksi” di bawah rencana pertahanan nasional Korut.

Kim juga berulang kali menyatakan keyakinan bahwa tentara dan rakyat Rusia akan meraih kesuksesan besar.

Shoigu sebenarnya berkunjung ke Korut dalam rangka peringatan 70 tahun gencatan senjata Perang Korea yang jatuh pada hari ini (27/7).

Tak hanya Shoigu, delegasi tingkat tinggi China yang dipimpin oleh anggota Politibiro Partai Komunis China, Li Hongzhong, juga bakal menghadiri peringatan tersebut.

Namun, kunjungan Shoigu ini juga menjadi perhatian karena digelar setelah Korut dituding memasok senjata ke Rusia untuk menggempur Ukraina.

Sebagai skutu dekat, Korut memang menjadi salah satu dari segelintir negara yang masih menjalin relasi dengan Rusia setelah Negeri Beruang Merah menginvasi Ukraina.

Lawatan ini juga menyedot perhatian karena menhan Rusia sangat jarang berkunjung ke Pyongyang setelah Uni Soviet Runtuh.

“Rusia mungkin butuh potensi industry militer Korut di sektor senjata konvesional Sementara Korut mungkin tertarik pada transfer Teknologi rudal dari Rusia,” kata professor studi Korea di universitas Oslo, Vladimir Tikonov.

Leave A Reply

Your email address will not be published.