arnews.id
arnews.id Media Online

Kesehatan Lingkungan

51

Menjaga Kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang didalam menjalani kehidupannya. Karenanya menjaga Kesehatan lingkungan juga merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, selain merupakan anugerah yang diberikan dari Sang Pencipta kepada hamba-Nya, kesehatan lingkungan harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar dari penyakit, karena seperti yang kita ketahui kesehatan itu tidak ternilai harganya. Terkadang saat kita sehat, kita lupa akan nikmat sehat tersebut, diwaktu kita sakit barulah kita menyadari betapa berharganya Kesehatan itu.


Tubuh yang sehat bisa kita dapatkan dari berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Terkadang kita kurang memperhatikan Kesehatan lingkungan disekitar kita karena kesibukan kita dalam pekerjaan dan kesibukan – kesibukan lainnya, sehingga kebersihan dilingkungan sekitar kita tidak terjaga kebersihannya. Akibat dari lingkungan yang tidak sehat itu dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu penyakit yang mengkhawatirkan adalah deman berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian.
Kebersihan lingkungan adalah keadaan yang bebas dari kotoran, termasuk didalamnya debu, sampah dan bau. Di Indonesia masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang tidak berkembang. Seperti kasus – kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan yang setiap tahunnya terus meningkat.
Nah untuk itu, kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangat berguna untuk kita semua, agar supaya kita dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.


Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain, dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat, lingkungan menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara, air menjadi lebih bersih dan aman untuk diminum, lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari – hari, dan masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan, dimulai dari tempat tinggal kita, seperti hal kecil yang dapat kita lakukan dengan mudah, misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya, dan masih banyak lagi langkah dan upaya kita menjaga kesehatan lingkungan. Karena lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan, hal itu harus ditanamkan sejak dini.
Selain hal yang disampaikan diatas, kita juga harus saling mendukung agar tercapainya tujuan kita dalam menjaga Kesehatan lingkungan bersama, agar tidak terjadi penyakit ataupun hal -hal lain yang tidak diinginkan dimasa mendatang, serta agar lingkungan kita tetap dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak.(SY)

Leave A Reply

Your email address will not be published.