arnews.id
arnews.id Media Online

Kemlu RI Terima Undangan Saudi Bahas Konflik Rusia-Ukraina

136

arnews – Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu) mengkonfirmasi Jakarta menerima undangan rencana pertemuan yang membahas pertemuan Rusia-Ukraina di Arab Saudi akhir pekan ini.

“Soal pertemuan perdamaian Ukraina-Rusia oleh Arab Saudi ada undangan kepada Kemenko terkait,” ujar Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, saat konferensi pers di Kantin Diplomasi Kemlu, Jakarta Pusat, Selasa (1/8).

“Namun, belum bisa dipastikan apakah Indonesia akan mengirim delegasi dari pusat atau kah diwakilkan oleh perwakilan kita di negara tersebut,” katanya.

Faizasyah juga tak bisa memastikan posisi Indonesia di pertemuan tersebut.

Indonesia sempat menyatakan keinginan untuk menjadi juru damai usai Presiden Joko Widodo berkunjung ke Ukraina dan Rusia pada 2022 lalu.

Wall Street Journal sebelumnya melaporkan sekitar 30 negara bakal menggelar pertemuan di Jeddah pada 5-6 Agustus. Mereka akan membahas soal perang Rusia-Ukraina.

Sejumlah diplomat yang mengetahui agenda itu menyebut perserta pertemuan terdiri dari negara-negara Barat. Beberapa negara seperti Indonesia, Mesir, Meksiko, Afrika Selatan, dan Uni Eropa.

Barat berharap pembicaraan itu bisa menggalang dukungan internasional soal perundingan damai yang menguntungkan Ukraina.

Sejak invasi, banyak negara yang mendesak Rusia-Ukraina agar melakukan dialig damai. Beberapa negara lain bahkan mengajukan peace plan. Namun, hingga kini belum menuai hasil.

Rusia dan Ukraina memiliki pertimbangan masing-masing soal proposal damai dan tak satu suara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.