arnews.id
arnews.id Media Online

Kemhan Beli 2 Kapal Dari Italia

15

arnews – Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI resmi mendandatangani kontrak pengadaan dua unit kapal target sejenis FREMN (Frigate European Multi-Mission)

kepala Biro Humas Setjen Brigjen Edwin Adrian Sumantha menyebut pengadaan kapal itu merupakan bagian dari modernisasi alusista yang strategis untuk menjaga kedaulatan negara di perairan Indonesia.

Edwin menjelaskan bedasarkan kontrak yang telah disepakatii, rencana pengiriman kapal pertama pada Oktober 2024. Sementara kapal kadua dijadwalkan akan tiba pada Arpil 2025.

“Kesuksesan negoisasi kontrak ini merupakan wujud nyata upaya Kemhan RI untuk memastikan kebutuhan pertahanan maritim nasional dapat terpenuhi dengan optimal,” kata Edwin dalam keterangan tertulis, Rabu (17/4).

Edwin menjelaskan perusahaan pembuat kapal dari italia, Fincantieri S.p.A, dipercaya sebagai penyedia kapal. Menurutnya, perusahaan itu tengah melaksanakan pembangunan kedua kapal fragat tersebut di galangan kapalnya di Trieste, Italia.

“Kapal yang dipesan adalah jenis Pattugliatore Polivalent d’Altura (PPA) yang memiliki kemampuan multi-misi dan dilengkapi dengan teknologi terkini,” katanya.

Kapal yang dipesan ini memiliki panjang mencapai 143 meter dan lebar kapal sekitar 15,5 meter, Displacement 6.250 (Full Load) kecepatan maksimal 30 knots, Endurance 5000NM serta dipersenjatai dengan sistem rudal perukaan ke udara (Surface to Air Missile/SAM) Aster 15 beserta peluncur vertical DCNS Sylver A43.

Edwin menjelaskan pengadaan kapal juga diiringi dengan paket offset komprehensif, yang mencangkup berbagai aspek seperti konsultasi pengembangan galangan kapal, strategi bisnis jangka panjang, peningkatan fisik galangan kapal, penyampaian materi didaktik, serta kursus pelatihan kelas di Italia yang berdurasi enam bulan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.