arnews.id
arnews.id Media Online

Kalah Dari Spanyol, Spalletti Sebut Italia Lemah dan Terlalu Panik

21

arnews – Timnas Italia menelan kekalahan tipis 0-1 karena gol bunuh diri saat melawan Spanyol di laga lanjutan Grup B Euro 2024, Jumat (21/6) dini hari WIB. Pelatih italia Luciano Spalletti mengatakan Spanyol bisa menang karena anak-anak asuhnya terlalu terkekang.

Italia bisa saja mengalami kekalahan telak dari Spanyol seandainya tidak ada sosk Gianluigi Donnarumma di bawah mistar gawang Gli Azzuri.

Spalleti pun menjelaskan hasil evaluasi sehingga timnya bisa kalah dari Spanyol.

“Kami sangat lemah malam ini. Itulah alasan utama hal ini terjadi. Kami perlu menyelesaikan masalah, namun alasan utama kami kesulitan karena kami lesu,” kata Spalletti usai laga dikutip dari  laman UEFA Euro 2024.

“Spanyol adalah sebuah tim [hebat] malam ini, dan kami tidak bisa menjadi sebuah tim. Mereka pantas memenangkan pertandingan. Kami tidak pernah bermain selain hingga 20 menit terakhir,” tambahnya.

Bicara apa yang salah dalam laga melawan Spanyol, Spalletti mengatakan Alessandro Bastoni dkk juga terlalu panik.

“Kami terlalu panik, terutama ketika mencoba memainkan bola melewati pertahanan mereka. Saat kami merebut bola, kami keuslitan mempertahanankan penguasaan, ketika mereka merebut bola kami kesulitan mendapatkannya lagi,” kata Spalletti.

“Kami kesulitan dengan serangan balik mereka, kami juga membuat beberapa kesalahan sederhana dalam beberapa umpan sederhana, dan Anda tidak boleh melakukan itu,” katanya.

Menurutnya karena terus terkurung, skuad Italia tak pernah mampu memperkecil jarak, dan Spanyol lebih banyak menimbulkan masalah ke gawang mereka.

“Begitulah jadinya, kami akhirnya membiarpak Spanyol yang mendominasi, kemudian mendapatkan [kemenangan] yang nyaman,” ujar Spalletti.

Selanjutnya, Spalletti ingin membuat timnya bangkit dan bisa merebut tiket lolos ke 16 besar di pertandingan ketiga melawan Kroasia.

“Kami perlu menjaga penguasaan bola seperti yang kami lakukan di laga sebelumnya [lawan Albania]. Kami perlu untuk menjaga bola dan mencoba untuk memainkannya. Itulah satu-satunya cara untuk menang,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.