arnews.id
arnews.id Media Online

Jokowi Temui Xi Jinping Di China, Bahas IKN Hingga ASEAN

231

arnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Xi Jinping di Chengdu, pada hari Kamis (27/7).

Kedua presiden membahas sejumlah kerja sama dan isu mencangkup proyek pembangunan Ib u Kota Nusantara (IKN) hingga dukungan China terhadap ASEAN.

“Semoga kerja sama Otoritas IKN dengan Pemerintah Kota Shenzhen dapat berkontibusa bagi perencanaan dan pengembangan IKN,” kata Jokowi dalam rilis resmi.

Jokowi dan Xi juga membahasa kerja sama di bidang kesehatan. Orang nomor satu di Indonesia itu menyambut baik finalisasi rencana akis implementasi kerja sama kesehatan antara Jakarta dan Beijing.

Selain tiu, Jokowi mengapresiasi penyelesaian protocol dalam sejumlah produk antara Indonesia dan China. Menurut dia, ke depan kedua negara perlu mendorong pembaruan protocol. Peningkatan kuota impor sarang burung wallet, serta penyelesaian protocol produk laut RI.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Xi juga membahas sejumlah isu meliputi kerja sama ASEAN-China hingga dukungan Beijing terhadap sentralitas blok Asia Tenggara ini.

“Indo-Pasifik adalah kawasan strategis yang harus kita jaga sebagai kawasan damai dan stabil,” kata Jokowi.

Sementara itu, Xi menyampaikan hal serupa. Ia juga menegaskan pihaknya mendukung keketuaan Indonesia di ASEAN.

“China siap untuk memperdalam kemitraan strategis komprehensifnya dengan Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara, dan mendukung pekerjaan Indonesia sebagai ketua bergilir ASEAN,” uajr Xi, dikutp dari Xinhua.

Usai peretemuan, kedua pemimpin menyaksikan penandatanganan beberapa dokumen kerja sama yang disepekati Indonesia dan China. Dokumen itu di antaranya Protokol persyaratan Pemeriksaan dan Karantina utnuk Ekspor Serbuk Konjac dari Indonesia ke China, Protokol Persyaratan Phytisanitary untuk Ekspor Tabasheer dari Indonesia ke China, dan Rencana Aksi Kerja Sama Bidang Kesehatan.

Selain itu ada pula Nota Kesepemahaman tentang Pusat Penelitiandan Pengembangan Bersama. Nota Kesepemahaman terkait Ibu Kota baru Indonesia, dan Nota Kesepemahaman tentang Peningkatan Kerja Sama RI-China ‘Two Countries, Twin Parks.”

Leave A Reply

Your email address will not be published.