arnews.id
arnews.id Media Online

Jokowi Minta Apple Kembangkan Smart City Di IKN

28

arnews – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta CEO Apple Tim Cook ikut berpartisipasi dalam pembangunan Smart City Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Budi mengatakan permintaan itu disampaikan Jokowi kepada Cook dalam perbincangan yang berlangsung hampir satu jam di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4).

“Pak Presiden juga sudah minta agar Apple ikut berpartisipasi berinvestasi membangun Smart City di IKN. Sudah diminta Pak Jokowi kepada Mr. Cook, kalau bisa Apple ikut terlibat dalam pengembangan Smart City di IKN,” kata Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyeut penawaran itu akan menarik bagi Apple sebab  Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi Apple.

Saat ini, Apple memberikan investasi dalam bentuk pembangunan Apple Developer Academy di empat kota. Total investasi seluruh pusat pengembangan itu mencapai Rp1,8 triliun.

Namun, di sisi lain, pemerintah menurutnya juga meminta Apple untuk membangun pabrik manufaktur atau menggunakan komponen asli Indonesia atau TKDN dalam produksi Apple.

Sebab Indonesia per 2023 tercatat sudah mampu memproduksi 50 juta unit handphone. Dengan kemampuan itu, ia berharap Apple mempertimbangkan konsep business matching yakni dengan menyesuaikan produk atau komponen Indonesia dengan spesifikasi Apple.

“Berdasarkan dari kesepakatan antara Indonesia dengan Apple antara pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemenperin dengan Apple untuk mereka bisa mendapatkan nilai 35 persen. Jadi basisnya adalah investasi,” kata Agus.

Sampai saat ini, produsen iPhone itu masih  belum membuka pabriknya di Indonesia.

Saat ini, hampir semua handphone yang dijual di Indonesia harus dirakit di dalam negeri untuk memenuhi aturan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN. Namun, hanya iPhone yang masih diimpor utuh.

Kendati demikian, Apple tetap bisa menjual iPhone di Indonesia karena memenuhi regulasi TKDN dengan menggunakan skema investasi lewat modal yang digunakan untuk membangun Apple Developer Academy.

Leave A Reply

Your email address will not be published.